Penerapan Pembelajaran Langsung Dengan Motivasi Pemberian Reward Pada Sub Kompetensi Menjahit Bustier Siswa Kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 1 Bojonegoro

  • RATIH SAFITRI

Abstract

 

Abstrak

 

Pembelajaran keterampilan busana butik menggunakan model pengajaran langsung yang dirancang khusus untuk membantu siswa belajar pengetahuan dan keterampilan dasar yang dapat diajarkan dengan cara langkah demi langkah dalam menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan prosedural dan pengetahuan deklaratif yang terstruktur dengan baik. Pada kompetensi membuat busana pesta bustier, diharapkan siswa mampu membuat bustier, sesuai desain yang ditentukan secara selangkah demi selangkah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan mengetahui hasil belajar siswa selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan pembelajaran langsung pada sub kompetensi menjahit bustier dengan motivasi pemberian reward.

Kegiatan Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bojonegoro Siswa Kelas XI Busana Butik tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 27 siswa dilaksanakan pada bulan April 2013. Jenis penelitian adalah deskriptif, metode penelitian ini menggunakan metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa, serta perangkat pembelajaran menggunakan silabus, RPP dan handout.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada kegiatan I terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 91,42%, pada kegiatan II juga terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 95,38%, dan pada kegiatan III memperoleh  kriteria terlaksana sangat baik dengan persentase sebesar 94,54%. Sedangkan aktivitas siswa pada kegiatan I memperoleh persentase sebesar 88,57% yang artinya sangat baik, sedangkan pada kegiatan II juga terlaksana dengan sangat baik yaitu dengan memperoleh persentase sebesar 89,23% dan pada kegiatan III aktivitas siswa memperoleh persentase sebesar 90,9% dengan kriteria terlaksana dengan sangat baik. Hasil belajar siswa secara klasikal pada kegiatan I adalah sebesar 100% yang artinya terlampaui, sedangkan pada kegiatan  II adalah 92,6% yang artinya terlampaui, dan pada kegiatan III adalah 85% yang artinya tuntas.

 

Kata kunci:   Pembelajaran langsung motivasi reward aktivitas dan hasil belajar.

 

Abstract

 

Learning of boutique fashion competence using direct instruction model specially designed to help students to learn knowledge and basic competence which taught step by step in order to support students learning process that related with procedural knowledge and declarative knowledge which good structured. At competence of making bustier party wear, expected that students able to make bustier as certain design step by step. The purpose of this research was to know teacher activity, student activity, and to know students learning achievement along teaching and learning process using direct instruction on sub competence of sewing the bustier with reward awarding motivation.

Research activities conducted at SMK Negeri 1 Bojonegoro on grader of classroom XI Boutique Fashion academic year 2013/2013 as many 27 students which performed at April 2013. Type of research was descriptive. Research methods used were observation and test. Instruments used were teacher activity observation sheet, student activity observation sheet, students learning achievement, and learning set using syllabus, lesson plan and handout.

Result of this research shows that teacher activities at activity I was performed very good by percentage 91.42%, at activity II also performed very good by percentage 95.38%, and at activity III obtained performance criteria very good by percentage 94.54%. Student activity at activity I obtained percentage 88.57% which means very good, while at activity II also performed very good and obtained percentage 89.23% and at activity III students activity obtained percentage 90.9% with performance criteria was very good. Classical student achievement at activity I was 100% which means exceeded, while at activity II was 92.6% which mean exceeded, and at activity III was 85% which mean completed.

 

Keywords: Direct instruction, reward motivation, activity and learning achievement 

 

Published
2014-01-23
How to Cite
SAFITRI, R. (2014). Penerapan Pembelajaran Langsung Dengan Motivasi Pemberian Reward Pada Sub Kompetensi Menjahit Bustier Siswa Kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 1 Bojonegoro. Jurnal Online Tata Busana, 3(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n1.p%p
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 42