Pembelajaran Langsung Ditunjang Media Video Pada Kompetensi Membuat Pola Dasar Badan Atas Teknik Draping di Kelas X Busana Butik 2 SMKN 6 Surabaya

  • NILA OKTAPIANI

Abstract

 

Abstrak

 

Pembelajaran pada dasarnya adalah interaksi hubungan antara guru dengan siswa. Dalam peristiwa tersebut terjadi proses stimulus dari guru mendapat respon siswa. Dalam pembelajaran langsung guru melakukan demonstrasi ditunjang dengan media, siswa berlatih secara terbimbing dalam usaha menyerap materi untuk mencapai kompetensi tertentu. Membuat pola dengan teknik draping harus dilakukan tahap demi tahap, agar siswa dapat lebih memahami dan dapat sesuai dengan teknik kinerja yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, hasil belajar, dan respon siswa pada kompetensi membuat pola dasar dengan teknik draping.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas X Busana Butik 2 di SMKN 6 Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes, dan quesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosentase.

Hasil penelitian pembelajaran langsung ditunjang dengan media video pada kompetensi membuat pola dasar badan atas teknik draping adalah sebagai berikut: Aktivitas guru secara total mendapatkan kriteria “sangat baik” (96,77%). Rincian prosentase kegiatan awal (97,90%), kegiatan inti (96,67%), kegiatan akhir (100%), pengelolaan pembelajaran (93,75%), dan suasana kelas (95,85%). Aktivitas siswa dalam pembelajaran mendapat kriteria “sangat baik” dengan prosentase (98,4%). Hasil belajar siswa dicapai dengan kriteria “tuntas belajar” (92,6%) dan (7,40%) siswa yang belum “tuntas” belajar, Sedangkan hasil respon siswa merespon “sangat baik” pada pembelajaran langsung ditunjang media video dengan hasil (99,2%), ini berarti bahwa pembelajaran langsung yang ditunjang dengan media video dapat meningkatkan pemahaman dan kinerja siswa sesuai dengan proses belajar mengajar yang tersirat didalam instrumen angket respon.

 

Kata kunci: pembelajaran langsung, media video, pola teknik draping.

 

 

Abstract

 

Learning is essentially an interaction relationship between teachers and students. In the event of the stimulus process occurs from teacher gets student response. Direct instruction in a teacher do demonstration supported by media, students practice in misguided social interactions in an attempt to absorb the material to reach certain competencies. Make a pattern with draping techniques should be made gradually, so that students can better understand and be in accordance with a systematic performance techniques. This study aims to describe the activities of teachers and students, learning outcomes, and student response on the competences make the basic pattern with draping techniques.

Type of this research is descriptive research. The subjects in the study are grade the X boutique fashion 2 at SMKN 6 Surabaya. Data collection is done by the method of observation, tests, and quesioner. Data analysis techniques used in this research is the percentage.

Research results direct instruction supported by media video on the competence making basic pattern draping technique of the upper body was as follows: the activity of the teacher in total get “very good” criteria (96,77%). The details of the percentage of initial activities (97,90%), core activity (96,67%), activities of the late  (100%), learning management (93,75%), and the classroom cindition (95,85%). The activity of the students in the study got “very good” criteria with percentage (98.4%). Student learning outcomes achieved with criteria ”Mastery Learning” (92,6%) and (7.40%) of students who have learning “has been completed”, whereas the response of the students responded “very good” on the direct instruction supported video media with results (99,2%), this means that direct instruction supported by media video can enhance understanding and performance of students in accordance with the teaching and learning process is implied in the question form response instruments.

 

Keywords: direct instruction, video media, the pattern draping techniques.

 

Published
2014-01-30
How to Cite
OKTAPIANI, N. (2014). Pembelajaran Langsung Ditunjang Media Video Pada Kompetensi Membuat Pola Dasar Badan Atas Teknik Draping di Kelas X Busana Butik 2 SMKN 6 Surabaya. Jurnal Online Tata Busana, 3(1). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n1.p%p
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 50