PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA ELEMEN TEKNIK DASAR MENJAHIT BUSANA ANAK FASE E TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 JABON

Authors

  • Hanis Esa Karunia Universitas Negeri Surabaya
  • Imami Arum Tri Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i1.69685

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan capaian hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menjahit busana anak melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL). Menggunakan pendekatan pra-eksperimen dengan desain One-Shot Case Study, penelitian dilakukan pada 31 siswa Fase E kelas DPB 2 Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Jabon. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dianalisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa penerapan PjBL berdampak positif terhadap pemahaman materi siswa dan pencapaian hasil belajar di atas KKTP. Tingkat keterlaksanaan pembelajaran tercatat sebesar 91,8% (kategori sangat baik), dengan nilai rata-rata kelas 84,6% dan ketuntasan klasikal 87%. Temuan ini menegaskan efektivitas PjBL dalam meningkatkan hasil belajar menjahit busana anak.

Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Busana Anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-07-22

How to Cite

Karunia, H. E., & Rahayu, I. A. T. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA ELEMEN TEKNIK DASAR MENJAHIT BUSANA ANAK FASE E TATA BUSANA DI SMK NEGERI 1 JABON. Jurnal Online Tata Busana, 14(1), 9–12. https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i1.69685
Abstract views: 12 , PDF Downloads: 5