PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL KOMPETENSI MENJAHIT KERAH REVER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 6 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i2.70763Abstract
ABSTRAK— Permasalahan dalam pembelajaran praktik menjahit kerah rever di SMK Negeri 6 Surabaya adalah keterbatasan media pembelajaran yang interaktif dan fleksibel. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa karena kesulitan memahami langkah-langkah teknis secara visual. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan media pembelajaran yang efektif dan menarik, salah satunya adalah video tutorial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan validitas media video tutorial pada kompetensi menjahit kerah rever, dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI DPB 1 yang berjumlah 34 siswa di SMK Negeri 6 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi kepada ahli materi dan ahli media, serta evaluasi hasil belajar siswa melalui tes. Hasil validasi menunjukkan bahwa video tutorial memperoleh skor 3,65 dari ahli materi dan 3,6 dari ahli media, dengan rata-rata 3,6 yang dikategorikan sangat layak. Penggunaan video tutorial dalam pembelajaran menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, dengan nilai rata-rata ketuntasan sebesar 85%, yang termasuk kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa video tutorial merupakan media pembelajaran yang sangat layak digunakan dalam pembelajaran menjahit kerah rever dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Media ini dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran praktik di sekolah kejuruan.
Kata kunci: Video tutorial, Kerah rever, Hasil belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 67
,
PDF Downloads: 57