PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA TATA BUSANA FASE F SMKN 2 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i1.70835Abstract
Model pembelajaran Project Based
Learning (PjBL) yaitu metode pembelajaran yang
menekankan partisipasi aktif siswa melalui pelaksanaan
proyek autentik yang berhubungan pada materi
pembelajaran. Rendahnya motivasi belajar siswa dalam
belajar dan mengikuti proses pembelajaran khususnya
pada mata pelajaran pembuatan busana industri di kelas
XI DPB SMK Negeri 2 Lamongan menjadi latar belakang
dilakukannya penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk menganalisiskan bagaimana motivasi belajar
siswa kelas XI DPB di SMK Negeri 2 Lamongan sesudah
menerapkan model pembelajaran Project Based
Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Populasi penelitian yaitu semua siswa kelas
XI jurusan Desain Produksi Busana. Teknik
pengumpulan data dibuat pada dokumentasi nilai hasil
belajar pada pembelajaran pembuatan busana industri
dan penyebaran angket motivasi belajar. Data dianalisis
menggunakan uji regresi linier untuk mengetahui
hubungan diantara variabel bebas (model PjBL) dan
variabel terikat (motivasi belajar). Hasil analisis
memberi petujuk jika adanya pengaruh yang signifikan
diantara model pembelajaran Project Based Learning
terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan
pada nilai Fhitung = 94,953 dan signifikansi 0,000 <
0,05, yang artinya model regresi linier yang digunakan
valid untuk memprediksi pengaruh antar variabel.
Dengan demikian, sudah dibuktikan jika penerapan
model pembelajaran Project Based Learning dapat
memberi peningkatan motivasi belajar siswa dalam
pembelajaran pembuatan busana industri. Penelitian ini
merekomendasikan penerapan PjBL sebagai alternatif
model pembelajaran yang bisa memberi peningkatan
partisipasi aktif dan motivasi belajar siswa di sekolah
kejuruan.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

