PENGEMBANGAN MEDIA AJAR E-BOOKLET MENGGAMBAR BAGIAN-BAGIAN BUSANA ELEMEN GAMBAR MODE PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 LAMONGAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i1.71429Abstract
E-booklet yaitu media pembelajaran digital yang dikembangkan dengan bantuan aplikasi Heyzine Flipbook. Media ini menyajikan gambar-gambar variasi bagian-bagian busana serta materi informatif pada mata pelajaran Menggambar Busana. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kelayakan media e-booklet dalam menggambar bagian-bagian busana elemen gambar mode pada siswa kelas XI SMK Negeri 2 Lamongan; dan (2) mendeskripsikan hasil belajar siswa sesudah menggunakan media e-booklet tersebut. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang mencakup lima tahapan, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan pada observasi untuk menilai kelayakan media e-booklet, serta tes untuk mengukurkan hasil belajar siswa di ranah psikomotor. Instrumen penelitian yang dipakai serta lembar observasi kelayakan media dan lembar penilaian produk. Hasil penelitian memberi petunjuk jika: (1) tingkat validitas media e-booklet berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan bahasa memperoleh skor rata-rata sekitar 4,8 yang dikategorikan sebagai “sangat valid”; dan (2) hasil belajar siswa dalam menggambar bagian-bagian busana memberi petunjuk ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 100% dari total jumlah peserta didik di kelas XI Desain Produksi Busana SMK Negeri 2 Lamongan. Dengan demikian, e-booklet dinilai layak dan efektif sebagai media ajar dalam meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dalam mata pelajaran Menggambar Busana.
Kata Kunci: pengembangan, hasil belajar, e-booklet, menggambar bagian-bagian busana.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

