PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENYELESAIAN TEPI DEPUN DAN SERIP PADA FASE E SMK NEGERI 2 JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v14i2.71866Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media video pembelajaran penyelesaian tepi depun dan serip serta meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk 1). Mengidentifikasi tingkat kelayakan dan validitas media video pembelajaran, serta 2) Menganalisis pencapaian hasil belajar siswa setelah penerapan media video pembelajaran tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian R&D (research and development) yang menerapkan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahapan yaitu (Analyze) analisis, (Design) perancangan, (Development) pengembangan, (Implementation) implementasi, dan (Evaluation) evaluasi. Sebanyak 33 siswa kelas X DPB 4 SMK Negeri 2 Jombang dijadikan subjek dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi lembar validasi guna menilai kelayakan dan validitas video pembelajaran, serta lembar tes pengetahuan, kinerja dan penilaian sikap untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Penelitian pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan temuan sebagai berikut: 1) Kelayakan media video pembelajaran berdasarkan hasil validasi dua ahli materi memperoleh rata-rata skor 3,76, dan dua ahli media memperoleh skor rata-rata 3,65, sehingga diperoleh nilai rata-rata keseluruhan sebesar 3,70 yang dinyatakan layak untuk diujicobakan. 2) Hasil belajar dari 33 siswa setelah menggunakan video pembelajaran penyelesaian tepi depun dan serip menunjukkan bahwa 85% siswa mencapai ketuntasan klasikal sesuai dengan KKM yang ditetapkan oleh sekolah.
Kata Kunci: Video Pembelajaran, Depun, Serip, Hasil belajar.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 61
,
PDF Downloads: 47