Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membuat Pola Celana di SMK Negeri 1 Baureno-Bojonegoro

  • NIKMATUL IZA

Abstract

 

Abstrak

Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran membuat busana Pria belum tuntas belajar, siswa belum mampu memahami dan menguasai matari  yang diajarkan terutama pada materi membuat pola celana formal pria diatas kain.  Untuk menyikapi permasalahan yang ada peneliti melakukan penelitian dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media video, Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajarsiswa, dan untuk mengetahui respon siswa.

Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus berisi tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, subjek penelitian ini adalah seorang guru dan 27 siswa kelas XI Busana Butik.Objek penelitian adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, tes hasil belajar, dan angket.Instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respon siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan  bahwa aktivitas guru pada siklus I terlaksana “sangat baik” dengan persentase 94.43%, pada siklus II terlaksana “sangat baik” dengan persentase 98.13% mengalami peningkatan sebesar 3.7%. Aktivitas siswa pada siklus I persentase skor yang diperoleh sebesar 97.96% dengan kategori  “sangat baik” pada siklus II persentase skor yang diperoleh sebesar 98.80% dengan kategori “sangat baik” mengalami peningkatan sebesar 0.84%. Hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar  88.89%  dan pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 100% dengan kategori “Tuntas” mengalami peningkatan sebesar 11.11% dan hasil respon siswa persentase yang diperoleh sebesar 83.19 % dengan kategori “sangat baik”.

 

Kata Kunci: Pembelajaran langsung, Media video, Membuat pola celana diatas kain, hasil belajar siswa

 

Abstract

The students study result have not passed the learning objective in the man fashion making learning subject. They do not understand and master the materials taught especially in the trousers pattern making on cloth learning materials the researcher conducts a research in the form of classroom action research to solve this problem by using direct learning model trough video. This research aims to improve the teacher’s activity, student activity, study result, and get data of students’response.

This research is conducted in two cycles. Each cycle has four steps there are planin, action, observation  and reflection. There are a teachers and 27 students of eleventh grade in fashion major who become the subject of the research. The objects of the research are the teacher’s activity, student’s activity, study result and student’s response. The research methods used are observation, study result test, and questionnaire. The research instruments used are observation, sheet for teacher activity, observation sheet for student’s activity, study result test sheet, and questionnaire  for student’s response. The data analysis used is qualitative descriptive analysis by using percentage.

The result of the research shows that the teacher’s activity is “very good” in the first cycle. It is 94.43%. it maintains its criteria of being very good by improving for 3.7%. it becomes 98.13% in the second cycle. The students’ activities are very good in the first cycle. It is 97.96%. it maintains its criteria of being “very good” by improving its percentage for 0.84%. it becomes 98.80% in the second cycle. The students’ study result classically is 88.89% in the first cycle. It is improved for 11.11% and becomes 100% in the second cycle. It is in the “passed” criteria. The students’ study result is 83.19% which is in the “very good” category.

 

Keyword: Direct learning, Video, Making trousers pattern on cloth. The students study result.

 

 

Published
2014-08-08
How to Cite
IZA, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Membuat Pola Celana di SMK Negeri 1 Baureno-Bojonegoro. Jurnal Online Tata Busana, 3(3). https://doi.org/10.26740/jotb.v3n3.p%p
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 81