PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR KECANTIKAN KULIT

Main Article Content

Misbakhatul Hidayah

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan model pembelajaran siswa pada kerja kelompok 4-5 anggota, menggunakan skor perbaikan individu, kuis untuk meningkatkan hasil belajar, dan pemberian penghargaan. Model pembelajaran tersebut belum­ pernah diterapkan di SMK Negeri 1 Buduran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui 1) keterlaksanaan sintaks, 2) aktivitas siswa, 3) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa dan 4) repon siswa. Jenis penelitian ini adalah pre experiment dengan desain  One Group Pretest-postest design.  Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X tata kecantikan kulit SMKN 1 Buduran Sidoarjo sebanyak 37 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan angket. Analisis data menggunakan rumus rata-rata, uji-t berpasangan dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterlaksanaan sintaks secara keseluruhan mendapatkan rata-rata nilai sebesar 3,5 termasuk pada kategori sangat baik. 2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 90,0% termasuk dalam kategori sangat baik. 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa, diketahui dari hasil t sebesar 16.474 dengan signifikan 0,000 4) Respon siswa yang diperoleh secara keseluruhan sebesar 93,2% tergolong sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat kendala disarankan untuk menggunakan mata pelajaran teori yang tidak ada praktek.


Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, kompetensi dasar kecantikan kulit.


 


 


Abstract: The cooperative learning STAD type is a learning model learning which focess on the team work, remedial score, quiz which increase the learning result, and award giving. Learning model that haven applied in public SMKN 1 Buduran . The aim of this research is knowing 1) The syntax doing, 2) Student activity, 3) The effect of cooperative learning STAD type to the result of students, and 4) Student responses. The kind of the research is Pre Experimen with One Group Pretest-Postest design. The subjek in this research is the student of Xth grade of beauty and skin treatment education in SMKN 1 Buduran Sidoarjo, the number of the student is 37 students. The collective methode use observation, test and quisioner. The data analyse use the mean, t-test, and presentase. The result of the research show. 1) The model’s cloing of cooperative learning STAD type is based face skin beauty competency get the mean score is 3,5 and it can be said,  very good. 2) The student activity in learning prosess, cooperative learning model STAD type in based face skin beauty competency get the presentase 90,0% an it is very good. 3) there is the effect of cooperative learning STAD type to the result of students. Known of the value t 16.474 with significant 0,000 4) The student response can be concluded that from the presentase that had been ot 93,2% is very good. Based on the results of the study suggested there are obstacles to use subjects theory that there is no practice .


Keyword : Cooperative learning Model STAD type Skin beauty competency


 

Article Details

Section
Articles