Konflik Batin Tokoh Utama 李诗情 Lǐ Shīqíng dalam Serial Drama《开端》Kāiduān (Reset)
Keywords:
Konflik Batin, Psikoanalisis Sigmund Freud, KāiduānAbstract
Penelitian ini membahas tentang konflik batin yang dialami tokoh utama 李诗情 Lǐ Shīqíng dalam serial drama《开端》Kāiduān (Reset). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk konflik batin yang dialami oleh tokoh utama 李诗情 Lǐ Shīqíng, faktor penyebabnya, serta mekanisme pertahanan ego yang digunakan dalam menghadapi tekanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Data diperoleh melalui teknik dokumentasi berupa kutipan dialog dan adegan dari serial drama, serta didukung oleh studi kepustakaan. Peneliti menganalisis sebanyak 60 data yang terdiri dari 20 data bentuk konflik batin, 20 data faktor penyebab, dan 20 data mekanisme pertahanan ego. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik batin yang paling dominan dialami tokoh utama adalah konflik antara id dan ego, karena tokoh utama sering dihadapkan pada dorongan untuk menyelamatkan diri sekaligus mempertimbangkan situasi secara rasional. Sebaliknya, konflik antara id dan superego cenderung tidak menonjol karena nilai moral dan norma sosial tidak menjadi konflik utama. Faktor penyebab konflik batin yang dominan adalah tekanan sosial dan aturan masyarakat, yang terus-menerus membuat tokoh merasa tertekan, tidak dipercaya, dan ditolak oleh lingkungan sekitarnya. Sebaliknya, kelemahan tubuh manusia menjadi faktor yang paling sedikit muncul karena cerita lebih menekankan konflik psikologis daripada fisik. Dalam hal mekanisme pertahanan ego, rasionalisasi merupakan strategi yang paling sering digunakan karena tokoh berusaha menjelaskan dan membenarkan situasi yang dialaminya, sementara represi dan regresi jarang muncul karena tokoh cenderung menghadapi realitas secara aktif, bukan menghindarinya.
Downloads
References
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Surabaya : Unesa University Press.
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Gresik : Graniti.
Ahmadi, A. (2020). Sastra dan Film China: Perspektif Apresiasif . Gresik : Graniti.
Endaswara, S. (2008). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.
Endaswara, S. (2013). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta : Caps.
Freud, S. (2021). Ego dan Id. Penerj. Nur Cholish. Yogyakarta : Tanda Baca.
Hermita, S., dan Miftachul Amri (2021). Analisis Aspek Citraan atau Daya Imaji dalam Kumpulan Puisi Lǐbái. Jurnal UNESA, 1-12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27036/28889
Khotimah, N, dan Galih Wibisono, G. (2019). Depresi Tokoh 夏木 Xia Mu dan 舒雅望 Shu Yawang dalam Film Sweet Sixteen《 夏有乔木雅望天堂》 Sutradara 赵真奎 Jo Jin-Kyu (Kajian Psikologi Sastra). Mandarin Unesa, 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/27936/25559
Leriansyah, C. eka, dan Miftachul Amri. (2022). Konflik Intrapsikis Tokoh Utama 易遥 Yì Yáo dalam Film《悲伤逆流成河》 Bēishāng Nìliú Chéng Hé Karya 落落 Luò Luò Kajian Psikoanalisis Sosial Karen Horney. 67. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/48407
Mahmuda, Y. E, & Galih Wibisono. (2019). Konflik Batin Tokoh Utama Yú Chízi《 于池子》 Dalam Film Mìguǒ《 秘果》 Karya Lián Yìqí《 连奕琦》(Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud dan Johnson), 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28034%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28034/25648
Miqdad, M., & Antonius R. Pujo Purnomo. (2023). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Cerpen Sumidagawa Karya Nagai Kafu (Kajian Psikologi Sastra Kurt Lewin). Ayumi : Jurnal Budaya, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 15–29. https://doi.org/10.25139/ayumi.v10i1.5499
Moleong, lexy j. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Nazir, M. (2013). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, B. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
Prameswari, D. I., & Amri, M. (2020). Aktualisasi Diri Tokoh Utama Dalam Film Ip Man And Four Kings (叶问之九龙城寨 Yè Wèn zhī Jiǔlóng chéng zhài) Karya 付利伟 Fù Lìwěi. 6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/42092/36176
Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra dari Strukturalisme Hingga Postrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Romalyana, F. (2018). Analisis Struktur Kepribadian Tokoh Utama Dalam Film Buxiude Shiguang《不朽的时 光》Karya Yan Ran (闫然) (Kajian Psikoanalisis Sigmund Freud). Pujangga, 1(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/23652/21626
Sholekah, H. D., & Wibisono, G. (2019). Nilai Moral Tokoh Utama dalam Film Ocean Heaven《 海洋天堂》 Karya Xue Xiaolu (薛晓路)(Kajian Sosiologi Sastra). Mandarin UNESA, 1. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28584
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumarno, M. (1996). Dasar-Dasar Apresiasi Film. Jakarta: PT Gramedia.
Susanti, Y. E., & Miftachul Amri. (2012). Nilai Moral Dalam Film the Wandering Earth( 流浪地球 ) Liúlàng Dìqiú Karya Liú Cíxīn. Mandarin Unesa, 1(1), 1–5. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/31664/28727
Wardiah, D. (2021). Struktur Sastra Lisan Tembang Naseb Anak Mude dan Tige Serangkai di Desa Ujan Mas Kabupaten Muara Enim Oral Literary Structure of the Songs Naseb Anak Mude and Tige Serangkai in Ujan Mas Village , Muara Enim Regency A . Pendahuluan Sastra merupakan cermin. 4(1), 47–59.
Wellek, Rene, & warren, A. (2016). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.
Wulansari, A., & Miftachul Amri. (2022). Analisis Struktur Kepribadian Tokoh Utama Pada Film Better Days 《少年的你》shàonián de nǐ Karya Lam Wing Sum, Li Yuan dan XuYimeng Menurut Kajian (Sigmund Freud). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/download/53431/42719
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

