PENERAPAN METODE TOPSIS UNTUK PENENTUAN PEMASOK BIJI KOPI PADA PT. BERKAT MUKMIN MANDIRI

  • KARTIKA SARI
  • DWI NUR YUNIANTI

Abstract

Perkembangan pasar yang semakin pesat membuat perusahaan harus menetapkan pemasok yang tepat agar kualitas produk dapat diterima masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pemasok terbaik dengan cara menyeleksi pemasok oleh beberapa kriteria yang telah ditentukan. Nilai bobot yang digunakan pada metode Techique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) menggunakan defuzzifikasi dengan bobot harga (0,26), kualitas biji (0,26), waktu pengiriman (0,21), persediaan barang (0,13) dan jenis biji (0,21). Metode Techique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) digunakan untuk merangking pemasok agar mendapatkan perusahaan yang tepat sebagai pemasok tetap.

Kata kunci : TOPSIS, fungsi keanggotaan, defuzzifikasi, matriks keputusan, pemilihan supplier.

Published
2019-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 140