PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA PERSIMPANGAN JALAN DENGAN TRAFFIC LIGHT YANG MEMINIMALKAN WAKTU TUNGGU ANTAR FASE

  • Nabilla Qurrota A'yun Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Puji Astuti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Persimpanganajalanaadalahasuatuadaerahaumumadimanaaduaaataualebiharuasajalanasaling bertemu atau berpotongan yang mencakupafasilitasajalur jalan danatepi jalan, dimanaalalu lintasadapat bergerak diadalamnya. Pengendalianaarus lalu lintasaditetapkan melalui aturanalalu lintasayang diaturaoleh lampu lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untukameminimalkan waktuatungguakendaraan di persimpanganalampu lalualintas dimana persimpangan Polisi Istimewa terdiri dari 4 jalan yaitu jalan Raya Darmo (utara), Jalan Polisi Istimewa, Jalan Raya Darmo (selatan) dan jalan Dr. Soetomo dimana lampu lalu lintas Polisi Istimewa memiliki satu siklus yang terdiri dari tiga fase. Data diambil pada 17 Januari 2019 pada pukul 10.00-10.30. Analisa data volume kendaraan di persimpangan lampu lalu lintas Polisi Istimewa berdistribusi Poisson mengginakan software SPSS 22. Pada skripsi ini, hasil analisa kapasitas kendaraan pada jalan Raya Darmo Selatan adalah 54 mobil dan 100 motor, jalan Raya Darmo Utara menuju Raya Darmo Selatan pada fase pertama 36 mobil dan 75 motor, jalan Raya Darmo Utara menuju jalan Dr. Soetomo adalah 13 mobil dan 38 motor, untuk jalan Raya Darmo Utara pada fase kedua 26 mobil dan 38 motor, jalan Dr. Soetomo dan jalan Polisi Istimewa adalah 22 mobil dan 32 motor.

 

Kata kunci: Teori Antrian, Distribusi Poisson, Persimpangan Lampu lalu Lintas, waktu tunggu kendaraan,   Polisi Istimewa

Published
2019-11-01
Section
Articles
Abstract Views: 159
PDF Downloads: 138