Optimalisasi Pelayanan Restoran Cepat Saji XYZ Cabang Kota Kediri Menggunakan Pendekatan Teori Antrean

  • Riris Damayanti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuliani Puji Astuti Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Restoran Cepat Saji XYZ adalah salah satu restoran cepat saji dengan sistem frenchise yang terkenal di dunia dan salah satunya berlokasi di Kota Kediri. Selain menawarkan penyediaan makanan dan minuman dengan cepat, restoran ini juga memiliki standar kualitas yang sama di seluruh frenchise-nya sehingga banyak digemari pelanggan. Namun banyaknya pelanggan yang datang terkadang membuat pelanggan mengantri cukup lama pada waktu-waktu tertentu.  Panjangnya antrean ini disebabkan oleh kurangnya jumlah fasilitas pelayanan yang disediakan dibandingkan dengan permintaan pelanggan. Pola kedatangan pelanggan mengikuti distribusi Poisson dan lamanya waktu pelayanan mengikuti distribusi Eksponensial. Pada penelitian ini, model antrean yang digunakan adalah Multi Channel-Single Phase dengan menyediakan 2 kasir pelayanan atau (M/M/2). Model antrean ini  digunakan untuk mengetahui ukuran kinerja sistem sehingga dapat menentukan jumlah kasir pelayanan yang optimal. Namun ternyata penyediaan 2 kasir pelayanan tidak memenuhi kondisi steady state. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, pada hari minggu atau selama weekend dengan menambah jumlah kasir menjadi 6 kasir dapat memenuhi kondisi steady state dengan tingkat intensitas pelayanan ρ = 0.91 < 1. Serta untuk hari senin dan selasa atau weekdays perlu menyediakan 4 kasir pelayanan sehingga tingkat intensitas pelayanan ρ = 0.76 < 1 yang artinya memenuhi kondisi steady state dan mampu mengurangi waktu tunggu pelanggan serta memaksimalkan kinerja kasir.

Published
2023-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 71
PDF Downloads: 78