PENERAPAN METODE FUZZY ANALYTIC NETWORK PROCESS (FANP) DALAM MENENTUKAN KEDAI KOPI TERBAIK (STUDI KASUS : KOTA SURABAYA)

  • Ristania Surya Ramadhani Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Raden Sulaiman Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kedai kopi merupakan salah satu bisnis di sektor kuliner yang menyajikan berbagai minuman berbasis kopi. Seiring dengan berkembangnya gaya hidup modern, kedai kopi juga semakin berkembang dan diminati oleh masyarakat di berbagai daerah. Fenomena menjamurnya kedai kopi ini membuat para pemilik usaha harus berlomba-lomba mengembangkan bisnisnya. Pada kenyataannya, banyak dijumpai bisnis kedai kopi yang tidak mampu bertahan lama. Fenomena ini juga berdampak pada konsumen, dimana para konsumen dapat kesulitan memilih kedai kopi yang terbaik. Untuk itu, diperlukan sebuah penelitian untuk menentukan kriteria dan alternatif kedai kopi terbaik. Dalam penelitian ini, penentuan kedai kopi terbaik menggunakan kriteria antara lain kriteria daya tarik yang meliputi harga produk, social media marketing, banyak cabang; serta kriteria pengalaman yang meliputi kualitas produk, kualitas pelayanan, serta store atmosphere. Adapun alternatif yang digunakan yakni Kopi Janji Jiwa, Point Coffee, Kopi Kenangan, Beli Kopi, dan Fore Coffee. Kriteria tersebut diolah dengan metode Fuzzy Analytic Network Process (FANP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang konsumen, urutan faktor-faktor yang paling diperhatikan dalam menentukan kedai kopi terbaik adalah kualitas pelayanan (47.5%), kualitas produk (18.1%), harga produk (13.8%), store atmosphere (11.3%), banyak cabang (8.7%), dan social media marketing (0.6%).  Dengan bobot tersebut, perangkingan lima kedai kopi yang terdapat pada alternatif menunjukkan bahwa Fore Coffee merupakan kedai kopi terbaik dengan bobot akhir sebesar 0.793. Di posisi selanjutnya terdapat Kopi Kenangan (0.598), Point Coffee (0.528), Kopi Janji Jiwa (0.195), serta Beli Kopi (0.138).

Published
2023-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 49