SISTEM PREDIKSI PENJUALAN MENGGUNAKAN KOMBINASI METODE MONTE CARLO DAN DECISION TREE BERBASIS WEBSITE

  • Natasya Berliana Arifin Berliana Arifin Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang
  • Asmianto Asmianto Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Abstract

Perdagangan merupakan salah satu sektor yang berkontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Namun kurangnya pemahaman mengenai strategi pemasaran menyebabkan tidak sedikit pedagang yang mengalami kerugian. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat menyesuaikan dengan kegiatan manusia yang semakin modern. Berbagai permasalahan yang kompleks dapat dimodelkan dan disimulasikan terlebih dahulu sebelum diimplementasikan sehingga didapat hasil yang optimal. Salah satu strategi mencapai target penjualan adalah mempersiapkan stok barang, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kekurangan ataupun kelebihan stok. Dalam mempersiapkan stok barang nilai prediksi dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan penjualan selanjutnya. Metode Monte Carlo dan Decision Tree adalah adalah dua metode yang dapat digunakan untuk melakukan prediksi, kedua metode ini juga sudah terbukti berhasil dalam menentukan prediksi. Secara umum pembuatan sistem prediksi ini terdiri dari beberapa langkah, diantanya: pengumpulan data, perhitungan prediksi menggunakan kombinasi metode Monte Carlo dan Decision Tree, menghitung tingkat akurasi prediksi, membangun sistem prediksi berbasis website, dan melakukan evaluasi dan pengembangan sistem. Penggunaan sistem prediksi sudah banyak dilakukan dan terbukti hasil akurasinya yang tinggi. Hasil prediksi penjualan yang didapatkan dari proses simulasi pada sistem prediksi berbasis website menggunakan kombinasi metode Monte Carlo dan Decision Tree yang dikembangkan dengan metode waterfall untuk tahun penjualan 2017, 2020,, dan 2021 memiliki tingkat akurasi MAPE pada range 93,7%-94,8% dan berdasarkan Confusion Matrix presentasi akurasi pada range 83%-100%. Dengan demikian, sistem prediksi berbasis website ini dapat diterapkan untuk memprediksi penjualan pada masa yang akan datang dan dapat dimanfaatkan oleh para pedagang untuk mengambil keputusan yang terbaik dalam mempersiapkan stok barang.

Kata Kunci: Prediksi, Monte Carlo, Decision Tree, Waterfall, Website.

Author Biography

Asmianto Asmianto, Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Malang

Dosen Matematika

Published
2023-08-31
Section
Articles
Abstract Views: 139
PDF Downloads: 106