MODEL MATEMATIKA PENILAIAN OPSI SAHAM KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE POHON BINOMIAL

  • Dewi Laily Fitroh Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Rudianto Artiono Program Studi Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Opsi Saham Karyawan, yang selanjutnya disebut OSK, merupakan salah satu sistem kompensasi berbentuk pemberian hak oleh perusahaan terhadap karyawan untuk membeli (call) sejumlah saham perusahaan pada harga yang telah ditentukan sebelumnya (strike price) dalam suatu periode waktu. OSK sendiri termasuk dalam kategori biaya/beban dalam laporan laba-rugi perusahaan. Sebelum OSK dilimpahkan, perusahaan perlu mengetahui harga atau nilai dari OSK tersebut untuk dianggarkan pada laporan tersebut. Metode penilaian yang dapat diterapkan ke opsi saham karyawan dan dibahas pada Skripsi ini adalah metode pohon binomial/binomial tree. Metode pohon binomial pertama kali dikembangkan oleh Cox, Ross, dan Ruberstain pada tahun 1979 dengan mengasumsikan bahwa harga saham di masa mendatang akan bergerak naik atau turun.

 

Hasil simulasi penilaian OSK dari studi kasus salah satu perusahaan yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia selama Januari 2023-April 2023 menggunakan Google Sheets adalah 795.8738647. Lalu, untuk hasil simulasi menggunakan Google Colaboratory (python programming) dengan data yang sama adalah 797.496987. Berdasarkan analisis pengaruh variabel terhadap nilai OSK yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa nilai variabel durasi OSK dan banyaknya periode berbanding lurus dengan nilai OSK, sedangkan nilai variabel strike price dan exit rate berbanding terbalik dengan nilai OSK.

 

Kata Kunci: Model Matematika, Penilaian Opsi Saham Karyawan, Opsi Bergaya Eropa, Metode Pohon Binomial Cox-Ross-Ruberstain (CRR).

Published
2023-09-09
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 29