The Pemilihan Smartphone Terbaik di Kalangan Mahasiswa Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah menjadikan smartphone sebagai perangkat penting bagi mahasiswa untuk menunjang berbagai aktivitas akademik, seperti mengakses materi kuliah, berkomunikasi, dan mengelola tugas. Namun, beragamnya pilihan smartphone di pasaran sering kali menyulitkan mahasiswa untuk menentukan perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kriteria utama dalam pemilihan smartphone, menganalisis prioritas antar kriteria, serta memberikan rekomendasi smartphone terbaik menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).
Penelitian ini adalah penelitian terapan yang menggunakan data primer dari survei online melalui kuesioner yang disusun menggunakan Google Form. Variabel yang dianalisis meliputi harga, kamera, prosesor, daya tahan baterai, dan penyimpanan internal. Berdasarkan hasil analisis, kriteria dengan bobot terbesar adalah penyimpanan internal (28,7%), diikuti oleh prosesor (20,8%) dan daya tahan baterai (20,8%). Dari segi alternatif, merek Samsung menempati posisi terbaik dalam hampir semua kriteria utama, kecuali kamera yang lebih unggul pada merek iPhone.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode Analytical Hierarchy Process (AHP) mampu membantu mahasiswa membuat keputusan yang obyektif dan terstruktur dalam memilih smartphone. Berdasarkan analisis, smartphone merek Samsung merupakan alternatif terbaik untuk memenuhi kebutuhan akademik mahasiswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi mahasiswa dan wawasan bagi produsen smartphone dalam memahami preferensi konsumen muda.
Kata Kunci: smartphone, fungsi smartphone bagi mahasiswa, Analytical Hierarchy Process (AHP), kriteria
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 MATHunesa: Jurnal Ilmiah Matematika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract views: 195
,
PDF Downloads: 200









