STRATEGI ORANGTUA DALAM MEMBANTU ANAK PRA UJIAN NASIONAL DI KOTA JOMBANG

  • ELY SULISTIOWATI

Abstract

Abstrak

Ujian nasional merupakan penilaian kompetensi peserta didik secara nasional dengan standar kelulusan yang sudah disahkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Tingginya standart nilai tersebut membuat orangtua cemas dengan kelulusan anak mereka, hal ini mendorong orangtua untuk melakukan berbagai cara agar dapat membantu anaknya menghadapi ujian nasional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi orangtua dalam upaya membantu anak pra ujian nasional di Kota Jombang, serta mengapa mereka memilih strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan teori tindakan sosial Max Weber. Menurut Weber, individu melakukan tindakan berdasarkan atas pengalaman, persepsi, dan pemahaman atas suatu objek stimulus tertentu. Weber menggunakan konsep rasionalitas dalam klasifikasinya mengenai tipe-tipe tindakan sosial, yaitu rasionalitas instrumental, rasionalitas yang berorientasi nilai, tindakan Tradisional, dan tindakan Afektif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang berpandangan bahwa apa yang tampak di permukaan hanyalah suatu fenomena dari apa yang tersembunyi dari dalam diri individu sebagai pelaku. Penelitian ini menyatakan bahwa strategi yang dilakukan orangtua terdiri dari dua kategori, yaitu tindakan yang bersifat rasional dan irrasional. Tindakan rasional diantaranya yaitu memasukkan anak ke lembaga bimbingan belajar, memberikan perhatian, kasih sayang, dan menjaga kesehatan baik fisik maupun psikis anak. Sedangkan untuk tindakan irrasional yaitu dengan mengadakan selamatan, meminta bantuan dukun dan  kyai. Strategi yang mereka pilih tidak terlepas dari tujuan, serta sarana dan prasarana yang mereka miliki untuk bisa melakukan pilihan tindakan yang sudah ditentukan.

Kata Kunci : Strategi, Orangtua, Ujian Nasional, Tindakan Rasional, Tindakan Irrasional.

 

Abstract

The national test is an assessment of competence of learners nationally with graduation standards that have been approved by the Ministry of National Education. The high standard of these values make anxious parents with their son's graduation, it encourages parents to perform a variety of ways in order to help their national exams. The purpose of this study is to determine how the strategies of parents in an effort to help children pre- national exam in Jombang City, as well as why they chose that strategy. This study uses Max Weber's theory of social action. According to Weber, the individual taking action based on experience, perception, and understanding of a particular stimulus object. Weber uses the concept of rationality in the classification of types of social action, which is instrumental rationality, value-oriented rationality, Traditional action, and action Affective. The method used is qualitative method with phenomenological approach which holds that what appears on the surface is just a phenomenon of what is hidden from within the individual as the perpetrator. This study suggests that the strategy of the parents consists of two categories, namely the actions that are rational and irrational. Rational action of which is to put children into tutoring agencies, attention, affection, and maintain both physical and psychological health of children. As for irrational action is to hold salvation, asking for help shamans and clerics. The strategy they choose not independent of the destination, and facilities that they have to be able to perform a specified action option.

Keywords : Strategy, Parents, National Exam, Rational Action, Irrational Action.

Published
2015-01-16
How to Cite
SULISTIOWATI, E. (2015). STRATEGI ORANGTUA DALAM MEMBANTU ANAK PRA UJIAN NASIONAL DI KOTA JOMBANG. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10378
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 10