STRATIFIKASI SOSIAL DI KOMUNITAS SLOW (SURABAYA LOWRIDER)

  • ARVIN ANGGA TRI W

Abstract

Abstrak

Dalam sebuah komunitas tentunya telah terbentuk suatu struktur keorganisasian, dimana struktur tersebut secara tidak langsung telah menciptakan suatu status sosial bagi masing-masing anggota. Status yang telah disandang oleh salah seorang anggota komunitas akan menciptakan suatu kesenjangan dan menimbulkan jarak diantara mereka. Komunitas sepeda lowrider merupakan obyek yang akan dibahas dalam penelitian ini dimana bertujuan untuk mengetahui bagaimana strata yang terjadi pada komunitas tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu startifikasi sosial Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi non partisipan dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah tercipta sebuah strata diantara anggota komunitas akibat struktur itu sendiri. Anggota yang berada di strata atas tentu sangat dominan terhadap strata bawah dan tidak heran jika hal tersebut akan mengakibatkan sebuah senioritas di dalam komunitas. Anggota komunitas yang baru bergabung di dalam setiap tindakannya harus menetapkan suatu evaluasi moral yang pantas terhadap ketua komunitas, dengan cara menaruh rasa hormat dan memandang lebih pada ketua komunitas yang notabennya memiliki wewenang pada struktur yang ada. Setiap anggota baru juga harus mentaati tradisi dalam komunitas sebagai bentuk rasa hormatnya. Maka dari itu, Perasaan amarah sudah tidak bisa terhindarkan lagi bagi para anggota baru yang dianggap tidak dominan atau lemah.

Kata Kunci: sepeda lowrider, komunitas SLOW, stratifikasi

                                                                                   Abstract

In urban communities, the existence of a community as has mushroomed in various places. Even the community is very familiar sound in the ears of the community at large. Do not know the young old age all mixed together in a community. Community as a way of life for the people of the city and into a separate prestige value to people who are following such a community. The emergence of these communities invite the audience of lowrider bikes to participate in forming a community. Community is intended as a forum for users to appreciate lowrider its ideas and creations. For most public lowrider bike is still common because the demand is indeed not so much as other bikes. Therefore, it appears as a lowrider community will answer it. Lowrider bike community was deliberately aimed to introduce to the public. In a community must have formed an organizational structure, where the structure will indirectly lead to a social stratification. Status that has been carried by one of the members of the community with or without realizing later it will create a gap and cause skating-skating among the members of the community it self.

Keywords: community, lowrider bikes, stratification

Published
2015-01-19
How to Cite
ANGGA TRI W, A. (2015). STRATIFIKASI SOSIAL DI KOMUNITAS SLOW (SURABAYA LOWRIDER). Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10400
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 27