MEKANISME SURVIVAL PEDAGANG KLONTONG DI KECAMATAN SIDAYU

  • M. ZUM ZUM AULADI

Abstract

 

ABSTRAK

 

Dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari, masyarakat tidak bisa lepas dari ketergantungan akan pasar. Pasar merupakan tempat berlangsungnya transaksi barang antara pembeli dan penjual. Pasar terdiri dari dua jenis yaitu pasar tradisional dan pasar modern. Pasar tradisional adalah tempat konsumen melakukan tawar menawar lebih mudah dibandingkan dengan pasar modern yang harga produknya tidak dapat ditawar. Pasar tradisional yang semakin kalah saing oleh pasar modern dari segi fasilitas pada akhirnya berdampak pada pengurangan jumlah pengunjung pasar tradisional. Dengan adanya pasar swalayan tersebut, pedagang tradisional merasa semakin terpuruk karena penghasilannya semakin berkurang akibat pasar swalayan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami strategi adaptif atau mekanisme survival yang dilakukan seorang pedagang klontong (tradisional) yang ada dipasar tradisional Sidayu ditengah maraknya pasar swalayan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi dari Alfred Schutz. Sementara itu teori yang digunakan adalah teori strategi adaptif dari Miles dan Snowserta mekanisme survival dari Clark yang didefinisikan sebagai strategi kemampuan seseorang dalam menerapkan seperangkat cara untuk mengatasi berbagai permasalahan yang melingkupi kehidupannya maupun untuk memperbaiki kondisi perekonomiannya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan dan wawancara mendalam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknik analisis ini dimulai dari menelaah data yang diperoleh dari beberapa sumber yang telah terkumpul, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para pedagang tradisional telah melakukan beberapa strategi untuk bisa tetap bertahan dari adanya pasar swalayan yang maju.

Kata kunci: strategi adaftif, pasar tradisional, pasar modern, pedagang.

 

 

ABSTRACT

 

In fullfilment of their daily needs, the community can take off from relience will not market. It is the place of the market transaction between buyer and saller of goods. Market consisting of two categories which are traditional markets and modern market. Traditional is a place of purchasemarket where consumers can still do bargaining. While modern markets where consumers can bay goods that are desirable but in this place could no longer do a bargain as traditional markets because the price has been pegged. With the existance of the supermarkets, traditional traders feel more down because off their incomes decrease due to supermakets. So that traders have to do some way to keep to the market can survive there. This research aim to know and understand the strategy of adaptive or a survival mechanism by which traders selling (traditional)traditional markets Sidayu in the middle there supermarkets. This risearch using methods using qualitative approach phenomenology of alferd schutz while in theory the adaptive strategy is theory of miles and snow, and the survival of clark to define as the ability to implement a set of measures to overcome the problems surrounding as well as to improve the condition of their economy. Technical data uses the technique of the participant, and interviews deep observation is a data and conducting the research to an object. Analysis based on research using a technique descriptive analysis. Engineering analysis is beginning to analyse data obtained from some of which has been collected, scientists get preliminary data from the informant, it is the raw are strategies to can stay afloat from the fact that departement stores are progresing.

Keywords : adaptive strategy, traditional markets, modern markets, traders.

 

Published
2015-01-19
How to Cite
ZUM ZUM AULADI, M. (2015). MEKANISME SURVIVAL PEDAGANG KLONTONG DI KECAMATAN SIDAYU. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10402
Abstract Views: 99
PDF Downloads: 74