PRAKTIK SOSIAL KOMUNITAS MUSIK JAZZ DI JOMBANG

  • NUR RAHMAD PRIBADI

Abstract

Abstrak

Musik adalah salah satu bentuk hasil budaya yang tidak dapat dipisahkan dengan kehidupan bermasyarakat. Musik menjadi suatu identitas bagi masyarakat atau individu yang menikmatinya. Kondisi ini yang juga terjadi pada musik Jazz. Musik Jazz yang dulunya dianggap sebagai musik kalangan bawah, justru dalam perkembangannya semakin diterima dan akhirnya diidentikkan dengan musik kalangan atas. Kondisi inilah yang membuat musik Jazz cenderung lebih berkembang pada masyarakat di kota-kota besar. Terlebih lagi memang pada kenyataannya masyarakat di kota-kota besar dianggap lebih maju dibandingkan masyarakat di lingkungan pedesaan. Terlepas dari hal itu, ternyata saat ini musik Jazz telah diterima dan berkembang bukan hanya pada masyarakat yang ada di kota-kota besar melainkan di kota-kota kecil atau bahkan di wilayah-wilayah pinggiran. Hal ini terlihat dari adanya komunitas musik Jazz yang berkembang di kota Jombang. Kondisi ini yang akhirnya menjadi menarik untuk dikaji. Kota Jombang yang pada dasarnya adalah kota kecil yang berada di pinggiran daerah, ternyata dapat menjadi tempat berkembangnya musik Jazz yang selama ini cenderung hanya dikenal di kota-kota besar saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik-praktik sosial yang dilakukan oleh Komunitas Jazz Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengacu pada pendekatan struktural genetis untuk menggali data dari setiap subjek penelitiannya. Dengan pendekatan struktural genetis inilah didapatkan beberapa data yang heterogen. Misalnya saja ada beberapa subjek penelitian yang memainkan musik Jazz hanya untuk hobi tanpa mengharapkan keuntungan pribadi yang mungkin didapatkannya. Adajuga subjek penelitian yang memainkan musik untuk mencari keuntungan pribadi bagi dirinya.Berdasarkan hal ini maka anggota-anggota dari Komunitas Jazz Jombang dapat dikelompokkan kedalam beberapa kategori sesuai dengan praktik-praktik sosial yang mereka lakukan.

Kata Kunci: Musik Jazz, Praktik Sosial, Struktural Genetis.

 

Abstract

Music is one form of the results of a culture that cannot be separated by social life. Sometimes identity has become a musical for the community or individual who enjoy it .This condition that also occurs in Jazz. Jazz music that was formerly regarded as among the bottom, even with progress in the music finally accepted and is identical with the top. This is what makes the condition of Jazz music tended to be developed in the community in large cities. Moreover it is in fact the people in large cities considered more advanced than those in other environmental. In spite of it, it turns out this time Jazz music has been accepted and developing not only on existing community in large cities but in small towns or even in areas fringe. It is evident from the community develops in the city of Jazz music Jombang. This condition it is interesting to finally being examined. Jombang city that is essentially a small town located in the outskirts of the region, it can be a place for the Jazz that is likely to only known just in big cities. Essentially it aims to assess research conducted by social practices Jombang Jazz Community. This study using a method of the qualitative study with reference to a structural approach of any genetic data to explore the subject of research. With a structural approach this is the genetic data obtained some heterogeneous. For example course there are some of the subject of study who plays Jazz music only for hobbies without expecting a personal advantage that maybe he got. Or there is also the subject of another study plays music to seek personal profit for himself. Because it is also the members of Jombag Jazz Commuity can be grouped into several categories in accordance with the practices of social that they do.

Keywords: Jazz Music , Social Practices , Genetic Structural

Published
2015-01-23
How to Cite
RAHMAD PRIBADI, N. (2015). PRAKTIK SOSIAL KOMUNITAS MUSIK JAZZ DI JOMBANG. Paradigma, 3(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/10540
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 78