PANGGUNG KONSUMTIF MAHASISWA BIDIK MISI FAKULTAS EKONOMI UNESA

  • MUHAMMAD BAGUS ILHAMI

Abstract

Abstrak

Pembentukan kesan yang dilakukan oleh mahasiswa/i bidik misi dilakukan dengan  mempertunjukkan penggunaan produk konsumtif yang dimilikinya kepada khalayak umum tanpa harus aktor menunjukkan latar belakang dari barang dan penampilan yang ditunjukkannya. Kehidupannya yang berasal dari keluarga kurang mampu, menimbulkan pertanyaan, bagaimana mahasiswa/i bidik misi memainkan (penggung depan dan belakang) dalam konteks tindakan konsumtif. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana bentuk panggung depan dan belakang yang dilakukan oleh mahasiswa/i bidik misi dengan menggunakan konsep Erving Goffman tentang dramaturgi. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatakan interaksionisme simbolik dan pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan setelah peneliti melakukan penggalian data sehingga didapatkan kategorisasi data dan sampai data yang didapatkan mengalami kesamaan data. Hasil penelitian menunjukkan di panggung depan dibuktikan dengan kepemilikan produk konsumtif seperti pakaian, teknologi, hiburan atau rekreasi yang terbungkus dalam penampilan. Area setting adalah fakultas ekonomi, sedangkan aktor adalah informan (mahasiswa/i bidik misi fakultas ekonomi angkatan 2011), dan audiens adalah teman kampus informan. beberapa gaya di panggung depan, yaitu: kontinuitas berpakaian, menggunakan layanan teknologi tinggi, antusiasme kegiatan hiburan. Panggung belakang yaitu: meminta uang kepada orang tua,  puasa setelah konsumtif, meminta pakaian dari saudara, konsumtif gratisan, menjual barang pribadi, hutang teman, hutang saudara. Dramaturgi yang dilakukan mahasiswa/i bidik misi dipengaruhi oleh pemaknaan dalam kegiatan konsumtif yang selanjutnya mempengaruhi tidakan yang dilakukannya.

Kata Kunci: tindakan konsumtif, dramaturgi, pemaknaan tindakan.

Abstract

Formation impression that to perform by university student or female bidik misi to do with to show use product consumptive that to own to the public without must actor show pedigree from thing and presentation that to show. Livelihood that to come from family less capable to cause question, how university student or female bidik misi to play (front stage dan back stage) in context consumptive action. This research to have a purpose to khow how shape front stage and back stage that to perform university student or female bidik misi with to use concept Erving Goffman about dramaturgist. There is method even that is utilized is qualitative method with approach symbolic interaction and gathering code to perform with method observation, interview, and documen. Analysis data to do after researcher to perform excavation data until to get categorytation data and until data that to get experience similarity data. Result to indicate in front stage to prove with to own some product consumptive like clothes, technology, recreation that wrapper in appearance. Setting is faculty economy, as actor is informant (university student or female bidik misi faculty economy the generation of 2011), and audiens is friend in campus from informant. some manner in front stage, that is: continuously in to dress, to use high technology servise, enthusiastic in recreation activity. Back stage, that is: to ask for money to parent, to fast after consumptive, to ask for clothes from brother, free consumptive, to sell valuable things, debt friend, debt brother. Dramaturgist that to perform university student or female bidik misi influence by meaning in consumptive action that influence action that to perform.

Keywords: consumptive action, dramaturgist,  meaning action.

Published
2015-03-04
How to Cite
BAGUS ILHAMI, M. (2015). PANGGUNG KONSUMTIF MAHASISWA BIDIK MISI FAKULTAS EKONOMI UNESA. Paradigma, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11136
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 83