HUBUNGAN PATRON-KLIEN ANTARA PENGUSAHA KERIPIK DAN PETANI KETELA DI UD. NEW SEHATI KEMIRI PACET MOJOKERTO

  • ARINI NILASARI

Abstract

Abstrak

Industrialisasi merupakan motor penggerak bagi peningkatan kemakmuran suatu bangsa. Industrialisasi terbagi dalam beberapa sektor, diantaranya sektor industri kecil, menengah, dan besar. Sektor industri yang memberikan peran penting bagi perekonomian Indonesia adalah sektor industri kecil dan menengah (IKM), salah satunya di Jawa Timur khususnya di Pacet Mojokerto. Dari berbagai industri yang ada, UD. New Sehati merupakan industri yang cukup berkembang dan memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan perekonomian pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengupas hubungan patron klien yang terjadi antara pengusaha industri keripik dan petani ketela yang ada di UD. New Sehati Kemiri Pacet Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schurtz dan konsep teori patron-klien James C. Scott dan pertukaran sosial Peter M. Blau. Penelitian ini mengambil subjek penelitian secara purpossive dengan pengambilan data melalui observasi dan indepth interview. Hubungan patronase terlihat dari pelaksanaan sistem kerja antara pengusaha industri keripik dan petani ketela. Dalam pelaksanaan sistem kerja tersebut menunjukkan adanya berbagai tindak dominasi yang dilakukan oleh patron terhadap klien sehingga mengakibatkan klien cenderung patuh dan tunduk dengan kehendak patron.

Kata Kunci: Patron-Klien, Pengusaha Keripik, Petani Ketela

Abstract

Industrialization is the main factor to increase nation prosperity. Industrialization is divided into several sectors, such as small, middle, and big. Small and middle industrial sectors have important role for economical growth in Indonesia, without exception East Java Province, especially in Pacet, Mojokerto. Many small and middle industrys exist there, one of the small and middle industrial in Pacet is New Sehati industrial, which has grown up and give a significant affect for economical growth in rural. The purpose of this research is to investigate patron client’s relationship that occurs between chips (employer/enterpreneur) and cassava farmer from New Sehati Kemiri Pacet, Mojokerto.This research uses qualitative method and phenomenology approach by Alfred Schurtz and the patron-client theory by James C. Scott and social exchange by Peter M. Blau. This research takes subject using purposive sampling and the data is taken by observation and indepth interview. The patronase relationship can be seen from the implementation of working system between chips (employer/enterprenuer) and cassava farmer. From the implementation of working system, there are some actions which is dominated by patron to client so it makes client fully obedient to patron.

Keywords: patron-client, chip employer, cassava farmer



Published
2015-05-19
How to Cite
NILASARI, A. (2015). HUBUNGAN PATRON-KLIEN ANTARA PENGUSAHA KERIPIK DAN PETANI KETELA DI UD. NEW SEHATI KEMIRI PACET MOJOKERTO. Paradigma, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11462
Abstract Views: 140
PDF Downloads: 177