MERETAS KEPENTINGAN POLITISI Analisis Wacana Kritis pada Program Televisi Mewujudkan Mimpi Indonesia

  • HEPI KURNIA E

Abstract

Abstrak

Keruntuhan rezim orde baru, memboyong implikasi pada proses demokrasi yang berjalan di Indonesia. Seolah terjadi semacam euforia akan transisi demokrasi, atau lebih tepat dikatakan “ledakan demokrasi”, proses demokrasi dalam kebebasan berpendapat di Indonesia menjadi perihal yang digembar-gemborkan. Tulisan ini bertujuan untuk membedah kepentingan dan ideologi yang dikandung dalam wacana yang dikembangkan dalam program “Mewujudkan Mimpi Indonesia”. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Fairclough yang memadukan kombinasi tradisi analisis tekstual bahasa dalam ruang tertutup, dengan konteks masyarakat yang lebih luas, dan dibantu dengan proposisi teori Althusser guna membedah ideologi yang terkandung dalam wacana yang dikembangkan. Hasilnya, unsur-unsur bahasa yang dikandung dalam  teks memberikan gambaran persuasif pada masyarakat, yang didukung pula dengan opini yang menguatkan dari pihak masyarakat yang terlibat. Situasi penyelenggaraan pemilu dan pemilihan presiden memunculkan kebutuhan akan sosok pemimpin ideal seolah ingin dihadirkan dari subjek yang terlibat dalam program yang ditayangakan. Hal inilah yang kemudian menguatkan wacana dalam teks berita. Secara institusional, kolaborasi persejawatan yang dibangun oleh pihak korporasi media RCTI dengan partai Hanura memberikan profit yang sangat signifikan dalam  rangka pembentukan  citra Wiranto dan Hari Tanoe sebagai pemimpin yang dibutuhkan masyarakat.

Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Media, Televisi, Politisi, Mewujudkan Mimpi Indonesia

 

Abstract

The fall of New Order’s regime, brought implication to Indonesian democratization process. Euphoria from transition of democracy, or eruption to democracy is happening in Indonesia, that cause democratization process in freedom of speech become mainstream in political area. Complexitiy of city development also bring significant implication to environment. The purpose of this research is to breakdown interest and ideology in discourse that contained and developed in “Mewujudkan Mimpi Indonesia” program. This research use Fairclough’s critical discourse analysis that combine language textual analysis tradition, with further society context, and also this research helped by theortical proposition of Althusser Theory to breakdown the ideology that content in that discourse. The result, language unsure of the text contain in the text give persuasive effect to public, that also supported by statement from society that helped by the program. Election that will held in Indonesia bring a needs of ideal leader that try to present from the subject in the program. Then, this thing that reinforce the discourse in the text. Institutionally, partner kolaborasi that built from RCTI and Hanura party give a significant profit in case of Wiranto and Hari Tanoe image building as a good leader.

Keywords: Critical Discourse Analysis, Media, Telvision, Politician, Mewujudkan Mimpi Indonesia

 

Published
2015-05-19
How to Cite
KURNIA E, H. (2015). MERETAS KEPENTINGAN POLITISI Analisis Wacana Kritis pada Program Televisi Mewujudkan Mimpi Indonesia. Paradigma, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11469
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 25