HUBUNGAN PATRON KLIEN ANTARA PEMILIK DAN PENARIK PERAHU TAMBANG DI DAERAH PAGESANGAN-SURABAYA

  • FATKHUR ROKHMAH

Abstract

Abstrak

Hubungan kerja patron klien merupakan hubungan kerja yang berdasarkan timbal balik antara dua orang (yang memiliki perbedaan status sosial ekonomi) yang dijalin secara khusus atau dengan dasar saling menguntungkan, serta saling memberi dan menerima.Hubungan ini terjalin pada usaha alat penyebrangan tradisional atau biasa disebut tambangan/perahu tambang.Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pola hubungan patron klien antara pemilik dan penarik perahu tambang.Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah ini adalah teori patron klien yang diungkapkan oleh James C. Scott.Teori pertukaran oleh Peter M. Blau.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan interaksionisme simbolik.Teknik pengumpulan data menggunakan data menggunakan observasi dan wawancara mendalam (in-dept interview). Teknik analisis data menggunakan menggunakan model analisis data interaktif Miles dan Huberman yaitu data reductions, data display, dan conclution. Hasil penelitian adalah hubungan kerja patron klien terjalin dimulai dari perekrutan orang-orang terdekat dari keluarga, seperti adik dari menantu pemilik perahu tambang, tetangga dari menantu pemilik perahu tambang. Keduanya berasal dari luar kota, sengaja dibawa ke Surabaya untuk bekerja sebagai penarik perahu tambang hingga saat ini penggelolaan perahu tambang sudah berpindah tangan. Keduanya masih menjadi penarik perahu tambang.Sikap patuh dan pengabdiannya yang menjadikan sikap pertukaran/timbal balik antar keduanya berjalan dengan baik.Tidak hanya dua orang tersebut yang menjadi penarik perahu tambang namun juga beberapa tetangga yang tinggal di samping kali juga menawarkan diri bekerja sebagai penarik perahu tambang.

Kata Kunci: Patron Klien, Hubungan Kerja, Pertukaran, Perahu Tambang.

 

Abstract

Patron client working relationship based on mutual work between two people (who have different socio economic status) are woven specifically or on the basis of mutual benefit, and mutual giving and receiving. This relationship extends to attempt crossing the tools of traditional or so called mining/quarry boat that is between boat owners and mine workers/towing boat mines. The aim of the research was to determine how the pattern of patron-client relationship between the owner and the towing boat mines. Theory is used to analyze these problems is the theory of patron-client expressed by James C. Scott, the theory of exchange by Peter M. Blau. The method used in this study is a qualitative approach of symbolic interactionism. Data collectin technique used observation and in-depth interview (in-dept interview). Data analysis techniques using interactive data analysis model Miles and Huberman that reductions of data, display data, and conclution. Results of the study are patron-client working relationship established starting from the people closest to the recruitment of family as the sister of the owner of the boat mine-law, a neighbor of mine-law of the owner of the boat. Both come from out of town, accidentally brought to Surabaya to work as a boat towing the mine until the current boat management mine has changed hands, both still be towing the boat mines. Subservience and devotion to the attitude of the exchange / reciprocal between the two goes well. Not only these two people who become towing mine but also some of the neighbors who lived next time also offered to work as a boat towing a mine.

Keywords:Patron-client, workrelationships, exchanges, Boat Mine

Published
2015-06-08
How to Cite
ROKHMAH, F. (2015). HUBUNGAN PATRON KLIEN ANTARA PEMILIK DAN PENARIK PERAHU TAMBANG DI DAERAH PAGESANGAN-SURABAYA. Paradigma, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/11997
Abstract Views: 280
PDF Downloads: 306