Kajian Struktural Fungsional Perubahan Sosial Pasca Penerapan Boarding School di Ma Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan

  • FARIHATUL INAYATI

Abstract

Boarding school mewajibkan peserta didik untuk belajar sekaligus tinggal di lembaga pendidikan. MA Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan memunculkan kebijakan baru dengan menawarkan program boarding school bagi peserta didiknya. Fokus penelitian ini adalah perubahan sosial pasca penerapan boarding school di MA. Matholi’ul Anwar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural fungsionalis dan menggunakan analisis mengalir menurut Milles dan Huberman. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial menurut Talcolt Parsons. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa perubahan pada sub-sistem politik berada pada munculnya kepengurusan asrama dalam struktur organisasi MA. Matholi’ul Anwar. Perubahan pada sub sistem ekonomi terlihat pada jumlah biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta didik untuk biaya operasional asrama. Perubahan pada sub sistem sosial berada pada tata tertib yang harus ditaati oleh peserta didik yakni tata tertib dari pihak sekolah dan dari pihak asrama. Perubahan pada sub sistem budaya berada pada cara sosialisasi nilai-nilai keagamaan lebih bersifat praktik, yakni dilakukan melalui kegiatan sehari-hari yang sudah disusun dalam jadwal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan pasca penerapan boarding school pada sub sistem politik, sub sistem ekonomi, sub sistem sosial dan sub sistem budaya.

Kata Kunci : Boarding School, Perubahan Sosial, Sub Sistem

Abstract

Boarding school obligate students to study and live in educational institutions. MA Matholi'ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan raises new policies by offering boarding school programs for learners. The focus of this study is the social change after the application of a boarding school in MA. Matholi'ul Anwar. This study is a qualitative research with the structural functionalist approach and using flow analysis according to Milles and Huberman. The theory used in this research is the theory of social change by Talcolt Parsons. The results from this research, prove that changes to the political system are in the sub emergence dormitory management in the organizational structure MA. Matholi'ul Anwar. Changes in the economic sub-system looks at the amount of costs to be incurred by learners for operational costs dormitory. Changes in the social system are in the sub rules that must be obeyed by the rules learners from the schools and from the boarding party. Changes in the sub-culture systems currently on the way socialization of religious values ​​is more practice, which is done through everyday activities that have been arranged in the schedule. From this study it can be concluded that there is a change in the post-application boarding school in the political sub-system, economic sub-systems, sub-systems and sub-systems of social culture.

Keywords: Boarding School, Social Change, Sub System

Published
2015-07-09
How to Cite
INAYATI, F. (2015). Kajian Struktural Fungsional Perubahan Sosial Pasca Penerapan Boarding School di Ma Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12343
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 73