PERJODOHAN DI MASYARAKAT BAKEONG SUMENEP MADURA (Studi Fenomenologi Tentang Motif Orangtua Menjodohkan Anak)

  • EVA YILISTIANA NINGSIH

Abstract

Abstrak

Perjodohan adalah suatu pernikahan yang diatur oleh kedua orang tua atau kerabat dekat.  Mereka tidak bisa memilih pasangannya sendiri untuk dijadikan pendamping hidup.Penelitian ini bersifat kualitatif yang berangkat dari suatu data untuk mengetahui fenomena yang terjadi.  Pendekatan penelitian ini adalah studi kasus. Pendekatan yang mengeksplorasi suatu masalah. Analisis data menggunakan teknik analisis pemetaan sosial.Temuan data dari penelitian ini memaparkan bahwa  dalam perjodohan keluarga menunjukkan bahwa, para pelaku mempunyai tujuan yaitu: untuk membalas budi, mencari pasangan yang baik, dan untuk membantu perekonomian keluarga. Teori yang digunakan adalah teori Fenomenologi AlfredSchutz, fenomenologi Alfred Schutz melihat bagaimana motif sebab (because motive) dan motif tujuan (in order to motive). penelitian ini menunjukkan bahwa motif seba, yaitu karena faktor hutang budi, kekerabatan dan ekonomi. Adanya motif tujuan adalah untuk membalas budi orang yang telah menolongnya, agar mendapatkan pasangan yang lebih baik dan untuk membantu perekonomian keluarga.

Kata Kunci: Perjodohan, Orang Tua, Anak

Abstract

Matchmakingisamarriage arrangedbythe parentsor family, they can notchoosetheir own spousestobe alife companion.This study isqualitativedepartsfrom the datato determine thephenomena that occur. The approachof thisresearchis a case study. Approach thatexploresanissue. Findings from this study explained that in the family matchmaking shows that the perpetrators have a purpose, namely: to return the favor, looking for a good partner and to help the family economy. The theory used is the phenomenological theory of alfred schutz, phenomenology alfred schutz see how the cause and motive destination. This study shows that the motive cause, that is because of a debt of gratitude, kinship and economy. Their motives goal is to repay those who helped him, in order to get a better prtner and for help family economy.

Keywords: Matchmaking, Parents, Children

Published
2015-07-31
How to Cite
YILISTIANA NINGSIH, E. (2015). PERJODOHAN DI MASYARAKAT BAKEONG SUMENEP MADURA (Studi Fenomenologi Tentang Motif Orangtua Menjodohkan Anak). Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12505
Abstract Views: 182
PDF Downloads: 342