EVENT INDIE CLOTHING SEBAGAI SARANA KONSUMSI BRAND INDIE (Studi Rasionalitas Remaja Surabaya Dalam Mengkonsumsi Brand Indie di Event Indie Clothing)

  • AKMAL HAKIM

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu, motif serta tujuan apa yang diambil oleh para remaja dalam mengkonsumsi brand indie di event indie clothing. Mengingat event ini merupakan event yang sering dikunjungi oleh para remaja. Terlebih dalam urusan pengkonsumsian brand indie. selain itu peneiti juga ingin mencarai tahu tindakan rasional dan pilihan rasionalitas apa yang diambil oleh pengunjung event indier clothing ini. Peneliti menggunakan teori tindakan sosial Max Weber serta pilihan rasional James S. Coleman sebagai pisau analisis dalam penelitian ini. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi. Subjek penelitian yang diambil adalah para remaja yang diklasifikasikan dalam remaja mahasiswa, remaja pelajar SMA, dan juga remaja yang sudah bekerja. Data kemudian dianalisis menggunakan cara analisis deskriptif, dan memasukkan data sekunder guna memperkuat hasil data yang diberikan. Hasil data yang muncul menunjukan keberagaman jawaban yang diberikan oleh masing masing remaja, mulai dari faktor diskon yang menjadi alasan utama, hingga faktor penilaian subyektif yang diberikan oleh remaja terhadap brand yang dikonsumsinya atau hanya memanfaatkan momen yang ada ketika eventĀ  ini berlangsung. Faktor lain mengenai kualitas bahan dan desain juga dimunculkan oleh para remaja. Terlebih kepada remaja yang usianya lebih tua seperti remaja yang sudah bekerja dan remaja yang sudah kuliah. Beberapa pernyataan remaja ini juga dipengaruhi oleh pilihan rasional remaja. Berupa kebutuhan, faktor harga, dan lainnya. Sehingga keputusan yang dilakukan oleh para remaja untuk membeli brand indie dirasa sebagai pilihan alternatif

Kata kunci: Tindakan rasional, Pilihan rasional, Brand indie, event Indie Clothing

Abstract

This study attempts to find out , motives and what purpose taken by teenagers on consume indie brand in indie clothing event .Considering the event is event that is frequented by teenagers .Moreover in matters relating to brand indie consumption. In addition researcher also want to know the act of rational and choice rationality anything taken by the visitor in this event indie clothing. Researchers use Max Weber's theory of rational action and rational choice of James S. Coleman as knives analysis in this study. This is a qualitative study with phenomenology approach. Research subjects taken are teenagers who are classified in adolescent student, teen high school students, and also teenagers who are already working. By taking some categories of juvenile above, researchers expected to be able to provide a diverse presentation of data regarding the rational action and rational choice taken by these youngsters. Data were analyzed using descriptive analysis method, and not forget to enter secondary data in order to reinforce the results of the data provided. Results of the data which appears to show the diversity of the answers given by each adolescent. Starting from the discount factor has been the main reason, up to a factor of subjective assessment given by the teenagers to the brand is consumed or simply savor the moments that exist when this event took place. Another factor regarding the quality of materials and design, also raised by teens. Especially the older teenagers like teenagers who are already working and adolescents in college. Some teens statement is also influenced rational choice teenagers. In the form of requirements, price factors, and others. So the decision made by teens to buy this indie brand, perceived as an alternative option

Keywords: Rational Action, Rational Choice, Brand Indie and event Indie Clothing

Published
2015-08-12
How to Cite
HAKIM, A. (2015). EVENT INDIE CLOTHING SEBAGAI SARANA KONSUMSI BRAND INDIE (Studi Rasionalitas Remaja Surabaya Dalam Mengkonsumsi Brand Indie di Event Indie Clothing). Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12741
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 56