SEMIOTIKA IKLAN LARUTAN PENYEGAR CAP BADAK

  • GHINA ALMAS FASYA

Abstract

Abstract

Televisi adalah salah satu media komunikasi yang paling popular pada masyarakat di seluruh dunia. Sebagai sebuah media yang paling merakyat, televisi pun menjadi sebuah pokok perhatian yang dikaji dalam cultural studies. Dengan menggunakan analisis media iklan melalui pendekatan semiotika, peneliti akan mengkaji lebih jauh mengenai makna yang terdapat dari gambar-gambar iklan larutan penyegar cap kaki tiga. Semiotika merupakan cara pendekatan yang digunakan untuk menganalisis tanda. Untuk itulah, dalam analisis untuk membedah tanda dalam iklan Larutan Penyegar Cap Badak menggunakan model semiotika Charles sanders pierce. Sehingga makna yang didapat tidak hanya berupa makna tingkat satu semiotika milik Charles Sanders Pierce. Setelah dianalisis ternyata iklan Larutan Penyegar Cap Badak ini memiliki berbagai bentuk cara untuk mempengaruhi konsep pemikiran dari tiap calon konsumen yang melihat iklan ini. Sehingga perlu adanya kajian lebih lanjut untuk membongkar sistem yang tertata dengan rapi namun terdapat tujuan tersembunyi dibelakangya.

Kata Kunci: Semiotika, Media Iklan, Larutan Penyegar

Abstract

Television is one of the most popular medium of communication in societies around the world. As a most populist media, television became a principal focus of attention in cultural studies. By using advertising media analysis through semiotic approach, researchers will further examine the meaning of the images contained advertising solution stamp fresheners three feet. Semiotics is an approach used to analyze the mark. For this reason, in the analysis to dissect the mark in advertising solution Toner Cap Rhino uses a model semiotics Charles sanders pierce. So that the meaning is acquired not only a sense of the level of semiotics belong to Charles Sanders Pierce. After the solution was analyzed it turned out ads fresheners Rhinos have various forms of ways to influence the concept of thinking of each potential consumers who see this ad. Thus the need for further studies to dismantle the system to cleanly but there is a hidden purpose dibelakangya.

Keywords: Semiotics, Media Advertising, Solution Freshener

Published
2015-08-20
How to Cite
ALMAS FASYA, G. (2015). SEMIOTIKA IKLAN LARUTAN PENYEGAR CAP BADAK. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/12934
Abstract Views: 459
PDF Downloads: 853