MOTIF PEMANFAATAN LAYANAN ELEKTRONIK TIKET (E-TICKETING) OLEH PENGGUNA KERETA API DI SURABAYA

  • NOVIALITA HERMANIAWA

Abstract

ABSTRAK

Seiring dengan kemajuan teknologi serta inovasi baru, sistem e-ticketing dikembangkan pada model transportasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskrisipan makna pemanfaatan eletronik tiket atau e-ticketing yang digunakan oleh para pengguna kereta api di Surabaya. Penelitian ini memaparkan pula motif-motif pemanfaatan elektronik tiket dan juga tanggapan layanan e-tickting. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam, observasi,serta mengumpulkan dokumen-dokumen, fokus kajian penelitian ini adalah pemanfaatan elektronik tiket oleh pengguna kereta api di Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan, terdapat dua motif pengguna kereta api memanfaatkan e-ticketing yakni motif because motive dan in order to motive. Pada motif sebab dikategorikan menjadi faktor percaya (Trusted), latar belakang pengalaman antri, kemudahan dalam pembelian tiket (Aksesbilitas) dan juga ketepatan penyampaian informasi (Validitas). Selain itu, pada motif tujuan dapat dikategorikan menjadi efisiensi waktu dan biaya, mengikuti zaman, juga faktor keamanan (privasi) dan kenyamanan. Persepsi tentang layanan yang diberikan PT. KAI, pengguna mengakui cukup puas dan juga kurang puas terhadap layanan e-ticketing. Sebagian pengguna yang mengaku puas berpendapat bahwa sistem online tiket saat ini yang mempermudah calon penumpang yang akan membeli tiket. Sementara mengaku kurang puas dengan layanan e-ticketing banyak yang mengeluhkan tentang komputer yang digunakan eror saat melakukan proses online tiket sehingga harus mengulang prosesnya.

Kata Kunci: Transportasi publik, e-ticketing, motif konsumen, fenomenologi

ABSTRACT

 

Along with advances in technology and innovation, e-ticketing system was developed on the model of transport sector. The purpose of this study was the meaning of utilization e-ticketing used by the users train in Surabaya. This study also describes the motives utilization of electronic ticketing and e-ticketing response. This research method is qualitative with phenomenology approach of Alfred Schutz. Data were collected through in-depth interview, observation, and collecting the documents, the focus of this research study is the use of electronic ticketing by rail users in Surabaya. These results indicate, there are two motives rail users utilize e-ticketing because motive and in order to motive. On the because motive are categorized into trust factor (trusted), background queued experience, ease of ticket purchase (acxessibility) as well as the accuracy of the delivery of information (validity). Moreover, the motives can be categorized into efficiency time and costs, with the times, also the safety factor (privacy) and comfort. Feedback on services that served by PT. KAI, some user quite satisfied and also less satisfied with the e-ticketing service. Some user which satisfied found online ticket system today which facilitate passengers who will buy a ticket. While claiming to less satisfied with the service e-ticketing many who complained about the computer used during the initial error online ticket so had to repeat the process.

Keywords : public transportation, e-ticketing, the consumer motives, phenomenology

Published
2015-08-23
How to Cite
HERMANIAWA, N. (2015). MOTIF PEMANFAATAN LAYANAN ELEKTRONIK TIKET (E-TICKETING) OLEH PENGGUNA KERETA API DI SURABAYA. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/13046
Abstract Views: 160
PDF Downloads: 408