Makna Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Buruh Pabrik di Kawasan Ngoro Industri Persada

  • ROSA LINA DIYAH

Abstract

Abstrak

 Penelitian ini membahas mengenai makna penggunaan smartphone pada kalangan buruh pabrik di kawasan Ngoro Industri Persada dan perilaku buruh pabrik sesuai dengan pemaknaan tersebut. Buruh pabrik yang seringkali diidentikan dengan kaum marginal dan tereksploitasi akibat upah yang diterima sangat minim, ternyata di era modernisasi seperti sekarang ini telah banyak mengalami perubahan dalam pengkonsumsian hasil teknologi (smartphone). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi makna yang dihasilkan penggunaan smartphone di kalangan buruh pabrik dan mendeskripsikan penggunaan smartphone pada buruh pabrik. Penelitian ini menggunakan perspektif teori Fenomenologi oleh Alfred Schutz, dan teori konsumsi Jean Baudrillard. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna yang muncul dalam penggunaan smartphone di kalangan buruh pabrik dilatarbelakangi oleh keinginan mengikuti trend, pengaruh kelompok, tertarik fitur dan aplikasi, faktor pendidikan, dan pengaruh iklan. Sedangkan faktor yang menjadi tujuan dari penggunaan smartphone yakni untuk menunjang pekerjaan, sarana hiburan, penyalur hobi, simbol identitas sosial, simbol aktualisasi diri, menjalin komunikasi, dan simbol melek teknologi.

Kata Kunci: Smartphone, buruh pabrik, makna

 

Abstract

This study discuseses about meaning usage of smartphone in factory worker in area Ngoro Industri Persada and behaviour of factory  related of meaning it. Resently, the factory workers which identified the marginalized and exploited societies had been changed to be consumtion of  technology (smartphone). The aim of this study is identification meaning the usage of smartphones in factory workers in the area of Ngoro Industry Persada and description usage smartphone in worker factory. The theory wich used in this research is phenomenology theory by Alfred Schutz and consumtion theory by Jean Baudrillard.The research of methodology is used qualitative research which phenomenology approach. The technique of data collection is participant observation, deep interview, and documentation. The result of this research is shows that the meaning of smartphones usage in factory workers mostly are interested with the smartphones application, trend, group influence, education factors, and advertising influence. While the goal factors of smartphone usage is work support, entertainment, social identify symbol, self actualization symbol, to relation communication, and technological literacy symbol.

Keywords: Smartphone, factory workers, meaning

Published
2015-08-25
How to Cite
LINA DIYAH, R. (2015). Makna Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Buruh Pabrik di Kawasan Ngoro Industri Persada. Paradigma, 3(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/13103
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 61