EKOLOGI DAN IDEOLOGI MEDIA: ANALISIS WACANA KRITIS PADA PEMBERITAAN PROGRAM SURABAYA GREEN AND CLEAN

Authors

  • SANDI TYAS UMARTONO

Abstract

Abstrak

Tulisan ini berfokus pada wacana yang dikembangkan oleh perusahaan media Jawa Pos, terkait dengan program yang dilaksanakan untuk menjaga kelestarian lingkungan Surabaya, yakni program Surabaya Green and Clean. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis wacana dalam media pemberitaan program Surabaya Green and Clean, dan juga untuk membedah kepentingan dan ideologi yang dikandung dalam wacana yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis wacana kritis Fairclough yang memadukan kombinasi tradisi analisis tekstual bahasa dalam ruang tertutup, dengan konteks masyarakat yang lebih luas, dan dibantu dengan proposisi teori sosial kritis Mazhab Frakfurt guna membedah ideologi yang terkandung dalam wacana yang dikembangkan. Hasilnya, unsur-unsur bahasa yang dikandung dalam teks memberikan gambaran persuasif pada masyarakat, yang didukung pula dengan opini yang menguatkan dari pihak pemerintah maupun ahli yang terlibat. Situasi kerusakan lingkungan mendapat justifikasi secara politis dari pihak pemerintah, untuk mendapatkan atensi serius dari berbagai pihak. Kolaborasi yang dibangun oleh pihak korporasi media Jawa Pos dengan korporasi Unilver memberikan efek legitimasi secara saintifik, mengingat pentingnya kesadaran akan kesehatan lingkungan bagi masyarakat luas.

Kata Kunci : Analisis Wacana Kritis, Media, Ekologi, Surabaya Green and Clean

 

Abstract

This research focused on discourse that implemented by media corporation Jawa Pos, in case of program that implemented to keep Surabaya environment, it is Surabaya Green and Clean. The purpose of this research is to analize the discourse in media that report about Surabaya Green and Clean program, and also to breakdown interest and ideology in that discourse. This research use Fairclough’s critical discourse analysis that combine language textual analysis tradition, with further society context, and also this research helped by theortical proposition of social critical theory of Mazhab Frankfurt to breakdown the ideology that was contained in that discourse. The result, shows that the language unsures that were contained in the text give persuasive effect to public, that also supported by statement from government and the expert. The situation of enviromental damage get political justification from the government, to get serious attention from everyone. Jawa Pos and Unilever collaboration give scientific legitimate effect, to remind the importance of healthful environment awareness for public.

Keywords: Critical Discourse Analysis, Media, Ecology, Surabaya Green and Clean

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-27

How to Cite

TYAS UMARTONO, S. (2016). EKOLOGI DAN IDEOLOGI MEDIA: ANALISIS WACANA KRITIS PADA PEMBERITAAN PROGRAM SURABAYA GREEN AND CLEAN. Paradigma, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/14078
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 91