PARENTING EDUCATION SEBAGAI PENDIDIKAN KELUARGA (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education)

Authors

  • SITI NUR M.

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan anak usia dini merupakan upaya pembinaan kepada anak sejak lahir sampai usia enam tahun melalui pemberian stimulus pendidikan agar membantu perkembangan dan pertumbuhan sehingga anak memiliki kesiapan memasuki pendidikan yang lebih lanjut. Untuk menyeimbangi hal ini, orangtua juga terlibat didalamnya dengan cara mendidik anak dilingkungan rumah. Fokus penelitian ini ialah menjelaskan kegiatan parenting education sebagai pendidikan keluarga. Serta motif sebab (because of motive) dan motif tujuan (in order to motive) orangtua mengikuti kegiatan parenting education. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Schutz. Lokasi penelitian berada di PAUD Al-Mufidah Desa Beton Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Subyek penelitian ini ialah orangtua anak usia dini yang dipilih secara snowball berdasarkan orangtua yang aktif mengikuti kegiatan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan observasi partisipasi dan wawancara mendalam serta teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan telaah dokumen. Penelitian ini menggunakan analisis dari Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orangtua yang aktif mengikuti kegiatan tersebut bisa mendidik anak dengan baik lagi di lingkungan keluarga. Relasi kegiatan parenting education dengan pendidikan keluarga ialah: 1) Pembekalan pendidikan orangtua dan 2) Pendidikan anak dalam keluarga (peraturan, hukuman, penghargaan dan konsisten). Adapun motif sebab (because of motive) yang mendasari orangtua aktif mengikuti kegiatan parenting education karena: 1) Mendidik Anak, 2) Pertemanan. Serta yang menjadi motif tujuan (in order to motive) orangtua ialah: 1) Pendidikan dan 2) Agama.

Kata Kunci: anak usia dini, parenting education, fenomenologi Alfred Schutz

ABSTRACT

Early childhood education is the development efforts aimed at children from birth to the age of six, which is done through the provision of educational stimulus in order to foster growth in both body and spirit so that the child has the readiness to enter further education. To balance this, the parents are also involved. By way of educating activities as a family education. As well as the motive cause (besause of motive) and motive individuals (in order to motive) of parents participated in parenting education. This study used a qualitative method with phenomenological approach Alfred Schutz. Location of the study are in early childhood village or Al-Mufidah concrete Mengabti district of Gresik. The subjects of this study is that parents of early childhood purposively selected based on actively participating in the activities. The data collection techniques using primary data collection and secondary data. Primary data were collected with participatory observation and in-depth interviews. While the technique of secondary data collection done with document review. Results from this study indicate that parents who are actively participating in these activities can educate children with better family environment. Parenting activity relationships education with family education are: 1) Briefing parental education and 2) Education of children in the family (regulations, penalties, rewards and consistens). As for the motive cause (because of motive) underlying the parents actively participated in the parenting education because: 1) Educating Children, and 2)Friendship. While the motive individuals (in order to motive) parents are: 1) Education and 2) Religion.

Keywords: Early childhood, parenting education, phenomenology Alfred Schutz

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-01-27

How to Cite

NUR M., S. (2016). PARENTING EDUCATION SEBAGAI PENDIDIKAN KELUARGA (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education). Paradigma, 4(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/14123
Abstract views: 1154 , PDF Downloads: 1147