ETNOMETODOLOGI PELAYANAN KONDEKTUR WANITA BUS TRANS SIDOARJO

  • LAILIA HARI WINARTI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan di daerah Sidoarjo karena daerah tersebut memiliki inovasi sarana transportasi baru yaitu bus trans Sidoarjo dengan kondektur yang berjenis kelamin wanita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi obyektif kondektur wanita, mendeskripsikan dan menganalisis pelayanan kondektur wanita sebagai konsekuensi perubahan perilaku di sektor publik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnometodologi H. Garfinkel. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara dan observasi kepada kondektur wanita bus trans Sidoarjo. Dari hasil wawancara tersebut dapat digambarkan bahwasanya kondektur wanita harus menerapkan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun) pada saat bekerja. Perilaku yang ditunjukkan oleh informan sebagai konsekuensi perubahan dari pekerjaanya di sektor publik adalah berteriak pada saat mencari penumpang, selain itu setiap hari juga berkumpul dengan supir-supir di warung ketika bus berhenti di terminal. 

 

Kata Kunci : Pelayanan, kondektur, dan trans Sidoarjo

Abstract

This research is done area of Sidoarjo because the area have a new transportation innovation is trans Sidoarjo bus with conductor girl. This research aims to described the objective condition conductor girl, to describe and analyze services for the conductor girl as a consequence the behavioral changes in public sector. This research use a qualitative with etnometodologi approach H. Garfinkel. Technique collecting data which researchers use this research in interview technique and observation to conductor girl trans Sidoarjo bus. From the result of interviews can be depicted that the conductor girl has to apply 5S (Smile, Say hello, Greetings, Polite, Manners) when she work. Behavior shown by the informant as a consequence of change from their job in public sector is shouting during the search for passengers, moreover everyday she gathering together with drivers in stall as the bus stop in terminal.

 

Keywords: Service, conductor, trans Sidoarjo

Published
2016-07-25
How to Cite
HARI WINARTI, L. (2016). ETNOMETODOLOGI PELAYANAN KONDEKTUR WANITA BUS TRANS SIDOARJO. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16216
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 108