KONFLIK INTERNAL ANTARA MANAJEMEN DAN DRIVER GOJEK SURABAYA

  • WAHID NUR HIDAYAT

Abstract

Abstrak

Desember 2015 ribuan akun aplikasi driver gojek terkena suspend hingga tidak bisa menerima order dari para pengguna. Tidak hanya pembekuan akun tetapi para driver juga terkena denda yang jumlahnya bervariasi. Konflik ini bermula ketika pihak manajemen menuding adanya permainan driver yang melakukan order fiktif tanpa masuk dalam sistem ketika melaksanakan tugas pengantaran barang. Atas pernyataan itu massa kemudian meneriaki pihak manajemen bahwa itu bukan subtansi masalah melainkan transparansi aturan yang dilanggar sendiri oleh pihak perusahaan utamanya bagi hasil pendapatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kronologis dan proses terjadinya konflik Gojek di Surabaya serta mengetahui mekanisme penyelesian konflik di dalamnya. Pendekatan pemikiran dalam penelitian ini bersifat derkriptif kualitatif. Terdapat permainan order fiktif yang dilakukan oleh oknum driver gojek untuk mendapatkan bonus poin Go Food. Akibat dari itu pihak operator gojek mengalami kerugian dan menindak tegas para driver gojek dengan menerapkan sanksi denda. Namun kebijakan tersebut dinilai merugikan pihak driver gojek sehingga terjadilah protes ke pihak manajemen. Untuk menyelesaikan konflik tersebut diadakan mediasi diantara kedua belah pihak yang hasilnya pihak manajemen bersedia mengaktifkan kembali akun driver yang disuspend namun dengan ketentuan harus membayar denda yang dijatuhkan terlebih dahulu.

Kata Kunci: Konflik, Internal, Gojek.

 

Abstract

December 2015 thousands of gojek’s driver got suspend so they could not received an order from the user. Not only the freezing of accounts but drivers also fines of varying amounts. The conflict began when the management accused the driver did order a fictitious game without logging into the system when carrying out the task of delivery of goods. The statement on the mass and then shouted at the management that it was not the substance of the problem but which violated its own rules of transparency by the company primarily for revenue. The purpose of this study was to determine the chronological and the process of Gojek’s conflict in Surabaya also knowing solving problem mechanisms of conflict in it. The method in this study is a qualitative derkriptif. There is a game of fictitious orders made by unscrupulous drivers to earn bonus points Go Food gojek. As a result of the operator gojek loss and crack down on drivers gojek by applying financial penalties. However, the policy is considered detrimental to the driver gojek so that there was a protest to management. To resolve the conflict mediation held between two parties whose results the management is willing to re-activate suspended account driver with the proviso must pay the fine imposed in advance.

Keywords: Conflict, Internal, Gojek.  

Published
2016-07-27
How to Cite
NUR HIDAYAT, W. (2016). KONFLIK INTERNAL ANTARA MANAJEMEN DAN DRIVER GOJEK SURABAYA. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16358
Abstract Views: 410
PDF Downloads: 337