BULLYING PADA POLA INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF

  • ERAYA TIKA RIBBANY

Abstract

Abstrak

Dalam dunia pendidikan pastinya tedapat beberapa macam permasalahan yang terjadi di dalamnya, salah satunya yaitu adanya bullying. Maraknya aksi kekerasan atau bullying yang dilakukan oleh siswa terutama di sekolah semakin banyak saja adanya berita tentang kasus kekerasan atau bullying tersebut baik itu di media cetak maupun media elektronik. Dalam penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana terjadinya tindakan bullying pada pola interaksi yang terjadi khusunya pada anak-anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi serta bagaimana bentuk tindakan bullying tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan interaksionisme simbolik. Pengambilan data di lapangan dengan melakukan observasi berpartisipasi dan proses wawancara. Subjek penelitian ini yaitu anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya adanya tindakan bullying yang terjadi pada anak berkebutuhan khusus dimana tindakan bullying tersebut terjadi ketika berada di sekolah baik di dalam kelas ataupun diluar kelas serta ketika pada saat jam pelajaran maupun pada saat jam istirahat berlangsung. Bentuk-bentuk bullying tersebut berupa ejekan, godaan, pengucilan, intimidasi dan lain sebagainya. Perlunya usaha dari semua pihak agar tindakan bullying tersebut tidak lagi terjadi khusunya di dalam dunia pendidikan.

Kata Kunci : Bullying, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

 

Abstract

In education world, there are certainly some problems, one of which is bullying. There is an increasing number of bullying cases done by students, mainly at school. There are also many news on the bullying cases, both in printed media and electronic media. This research is done to know the bullying in interaction pattern, especially in children with special needs at inclusion schools and also to know the form of bullying done. This research uses qualitative method using symbolic interaction approach. The field data collection is done by participated observation and interview. The research subjects are the children with special needs at inclusion school. The research results show that there is a bullying action in children with special needs. This bullying action happens at school, both in the class and outside the class, at learning hours and at break time. The forms of bullying are ridicule, temptation, isolation, intimidation and others. It is necessary for some efforts from all parties so that there will be no any bullying, especially in educational world.

Keywords: Bullying, Children with special needs, inclusion school

Published
2016-08-16
How to Cite
TIKA RIBBANY, E. (2016). BULLYING PADA POLA INTERAKSI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16755
Abstract Views: 640
PDF Downloads: 1109