Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, dan @papuan_girl)

  • DINI APRILITA

Abstract

Abstrak

Kecantikan pada perempuan bukan lagi menjadi hal yang relatif, melainkan sudah menjadi hal yang universal. Hal ini disebabkan adanya standar-standar tertentu yang diciptakan sebagian besar oleh media, baik media cetak, elektronik, maupun media online. Salah satu media online yang ikut mengkonstruksi kecantikan perempuan adalah Instagram, yakni melalui akun-akun yang berisi sekumpulan foto perempuan, yang mana akun tersebut menggunakan kata “cantik” sebagai username. Penelitian ini bertujuan untuk membongkar representasi kecantikan yang ditampilkan oleh akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, dan @papuan_girl. Teori yang digunakan adalah semiotika dari Roland Barthes dan konsep tubuh dan kecantikan. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ketiga akun tersebut merepresentasi kecantikan secara berbeda-beda. Mitos kecantikan yang ditampilkan akun @mostbeautyindo adalah cantik modern dan cantik sensual. Akun @bidadarisurga_ menujukkan mitos kecantikan islami. Akun @papuan_girl menciptakan mitos kecantikan berupa cantik lokalitas.

Kata Kunci: Representasi, Mitos Kecantikan, Instagram.

 

Abstract

Women’s beauty is no longer a relative concept, but it turns out to be a universal concept. It was caused by the beauty standard which is created mostly by the mass media, wether it is printed, electronic, or even online media. One of many online medias that participate in creating the beauty standard is Instagram. It constructs the beauty concept trough accounts which contain women’s pictures and also use the “beauty” word for their usernames. This research aims to expose the beauty representations that were shown by three Instagram accounts; @mostbeautyindo, @bidadarisurga_, and @papuan_girl. The theory that were used in this research were semiotics by Roland Barthes and also body and beauty concept. The method used for this research was qualitative descriptive. The result shows that those three Instagram accounts show different beauty myths. The beauty myth shown by @mostbeautyindo account is the modern beauty and also sensual beauty. While @bidadarisurga_ shows religious beauty myth. @papuan_girl account creates the beauty myth of locality beauty.

Keywords: Representation, Beauty Myth, Instagram

Published
2016-08-22
How to Cite
APRILITA, D. (2016). Representasi Kecantikan Perempuan dalam Media Sosial Instagram (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Akun @mostbeautyindo, @Bidadarisurga, dan @papuan_girl). Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16891
Abstract Views: 2287
PDF Downloads: 2350