Identifikasi Diri Melalui Penggunaan Jilbab Modis

  • EKA KARTIKA SARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengenai identifikasi diri yang coba dimunculkan mahasiswi Muslim Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surbaya melalui jilbab modis yang dikenakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan identifikasi diri mahasiswi Muslim FISH UNESA melalui jilbab modis yang mereka kenakan. Penelitian ini menggunakan konsep gender serta pemikiran Simone De Beauvoir dalam pendefinisian posisi perempuan, kemudian teori identitas Peter L. Berger dan juga teori fenomenologi Edmund Husserl untuk mendeskripsikan proses pembentukan identitas dan kesadaran mahasiswi Muslim FISH UNESA. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode observasi langsung dan wawancara dalam penggalian data serta pendekatan fenomenologi Edmund Husserl. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman dengan mengkategorikan dan menentukan pola temuan data yang kemudian dianalisis dengan teori yang digunakan. Kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah, terdapat dua kategori identifikasi diri yang coba ditunjukkan subjek melalui penggunaan jilbab modis, yang pertama adalah perempuan Muslimah yang moderen, dan yang kedua adalah perempuan dewasa yang bebas dan mandiri. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan model jilbab serta tahapan penggunaan jilbab modis dan beberapa faktor lainnya yang mendasari kesadaran subjek mengenai gender dan emansipasi yang kemudian dihubungkan dengan identifikasi diri yang ingin ditampilkan dengan jilbab modis. Style yang dipilih lewat corak warna, model, hingga brand pun menunjukkan identitas subjek dari sudut pandang kelas sosial, kepribadian dan juga keahlian yang coba mereka tunjukkan.

Kata Kunci: Mahasiswi Muslim, Identifikasi diri, Studi Fenomenologi, Jilbab modis.

 

Abstract

This research is about Muslim women students Faculty of Social and Legal State University of Surabaya who trying to identification her self through the fashionable veil. The purpose of this research is to find out identification of a Muslim women students FlSH UNESA through the fashionable veil that they were wearing. This research using the concept of gender as well as thinking Simone de Beauvoir in describe the position of women, then the theory of the identity of Peter L. Berger and also of the phenomenology Edmund Husserl to describe the process of formation of the identity and awareness of Muslim women students FISH UNESA. Qualitative research with the method of observation and direct interview in extracting data and the approach of the phenomenology Edmund Husserl that researchers were able to directly involved and can explore the data that is found with the subject.The analysis of data using the model of interactive Miles & Huberman to categorise and determine the pattern of the findings of the data which is then analyzed with the theory be used.The conclusion came out of this research is, there are two categories of identification of trying to show the subject through the use of the fashionable, the first is Muslim women that modern, and seconds women who are free and independent. It was shown based on the model a veil and the use of the fashionable and some other factors that led to the awareness of the subject of the concept of gender and emancipation which is then connected with the identification of want to be featured with a veil of fashion. By style their choosen, color,  model , until brands that later showed the identify of the subject from the point of view of social class, personality and also expertise that they showed through the use of the fashionable.

Keywords: Muslim Women Student, Self-identification, Phenomenology Study, Fashionable Veil.

Published
2016-08-23
How to Cite
KARTIKA SARI, E. (2016). Identifikasi Diri Melalui Penggunaan Jilbab Modis. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/16929
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 69