SOSIALISASI PRIMER KELUARGA PEMULUNG (Kajian Konstruksi Sosial di Pemakaman Rangkah Kecamatan Simokerto Surabaya)

  • KHOLIDA ULFI M

Abstract

Abstrak

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Sosialisasi Primer Keluarga Pemulung Studi Tentang Konstruksi Sosial di Pemakaman Rangkah Kecamatan Simokerto Surabaya. Penelitian ini menjelasakan tentang proses sosialisasi dan kontruksi sosial pada keluarga pemulung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana proses sosialisasi yang dijalankan oleh keluarga pemulung dalam mentransformasikan nilai dan norma serta mengkontruksi lingkungan sosial di sekitar.. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan sosialisasi yang dijalankan oleh keluarga pemulung dalam mentransformasi nilai dan norma serta mengkontruksi masalah-maslah sosial di lingkungan sekitar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori Peter L Berger yang menyatakan bahwa proses sosialisasi melalui tiga tahapan yaitu internalisasi, eksternalisasi dan obyektifikasi. Teori tersebut untuk menjadi pisau analisis dalam menjawab rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan prospektif teori Peter L. Berger. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan teknik partisipant observer dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa  sosialisasi dalam keluarga pemulung dilakukan oleh agen primer dan sekunder, yakni keluarga dan lingkungan sekitar. Internalisasi yang dilakukan oleh anak terhadap apa yang ia lihat baik dalam sosialisasi primer maupun skunder. Kemudian dari proses internalisasi anak meniru dan berperilaku sesuai dengan apa yang disosialisasikan kepada anak, seperti memulung, mengemis, berbicara kasar, dan juga melakukan sabung ayam. Setelah itu ada sebuah pemberian makna terhadap apa yang menjadi kebiasaan mereka tersebut bahwa yang mereka lakukan di atas adalah bukan sesuatu yang menyimpang. Sebagian keluarga yang mengalami disfungsi dalam mensosialisasikan nilai dan norma, artinya tidak setiap keluarga pemulung dapat menjalankankan perannya sebagai agen sosialisasi primer. Di samping itu adanya transformasi-transformasi budaya kemiskinan. Dan juga adanya kontruksi sosial yang dilakukan oleh keluarga pemulung terhadap sub culture.

Kata kunci : Keluarga Pemulung, Sosialisasi Primer, Konstruksi Sosial

                                                                                       Abstract

This study concerns on socialization of primary family scavengers about social construction. At rangkah simokerto cemetery, surabaya. This resarch explained the process of social socialization and construction for the scavengers. The research question of this study is how the sicialization process was run by family scavengers in transforming value and norm, and social environment. The purpose of the research is to discribe how socialization is run by family scavengers in transforming value and norm and constructing social problem in their surrounding. A theory used in this study belongs to Peter L Berger which states that the process of socialization through three stages namely internalization, externalization and objectification. The theory used by researchers as analysis to answer the research question. This study used a qualitative method using the approach of Peter L. Berger ; such as internalization, externalization and objectification. Data were collected by using participant observer techniques, interviews, and literature. These results show that the socialization in family scanvengers done by the primary and secondary agents, namely the family and the surrounding environment.  Internalization done by the son of what he good look in the socialization primery and scondary. The from of internalization process children emulate and behave according to what socialized. As scavanger, begging, talk abusive, and performed cockfights. After theris is a gift meaning for what is the norm they do in the top is not deviating someting. Some families that experienced the disfunction to socialization value and norm. The mean not every scavanger can her role and primary agent. family  of scavenger families who  can play role as the primary agent of socialization. Their transformations culture of poverty and also the social construction were carried out by a family scavenger against sub culture.

Keywords: Family Scavenger, Primary Socialization, Social Construction.

Published
2016-08-25
How to Cite
ULFI M, K. (2016). SOSIALISASI PRIMER KELUARGA PEMULUNG (Kajian Konstruksi Sosial di Pemakaman Rangkah Kecamatan Simokerto Surabaya). Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/17020
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 159