Interaksionisme Simbolik dalam Praktik Rehabilitasi Narkoba di UPT Rehabilitasi Sosial ANKN Surabaya

  • DINA AMALIYA

Abstract

Abstrak

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang interaksionisme simbolik dalam praktik rehabilitasi di UPT Rehabilitasi Sosial ANKN. Penelitian ini menjelaskan pertukaran simbol verbal dan non verbal yang tejadi dalam praktik rehabilitasi. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan bagaimana peran panti rehabilitasi sebagai institusi total, yang kedua memahami simbol-simbol apa yang dipakai dalam interaksi sosial dalam paktik rehabilitasi dan yang ketiga, memahami bagaimana simbol-simbol dimaknai dalam interaksi sosial dalam praktik rehabilitasi. Tujuan tersebut akan dijelaskan dan dianalisis menggunakan teori total institution Erving Goffman, dan teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan interaksi simbolik yang dikemukakan oleh George Herbert Mead. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi dan wawancra. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis dengan mengkategorisasikan data dan membuat kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran  panti rehabilitasi sebagai institusi total ini adalah proses pemulihan dan pengembalian karakter peserta rehabilitasi. Proses interaksi yang dijalani di panti rehabilitasi melibatkan dimensi “I” yaitu sikap emosional, berkata kasar, mencuri, jarang beribadah dan berbohong serta melibatkan dimensi “Me” yaitu sikap tidak emosional, peduli, jujur dan rajin beribadah. Interaksi simbolik dalam praktik rehabilitasi  melalui simbol verbal yang beruba bahasa lisan dan bahasa tulisan serta simbol non verbal yang berupa gerakan tubuh, ekspresi wajah dan penanda. Hasil pemaknaan yang dilakukan oleh peserta rehabilitasi sedikit berbeda dengan konselor karena tingkat pengetahuan dan pola pikir yang minim serta akibat pengaruh dari narkoba.

 

Kata Kunci: Peserta Rehabilitasi, Konselor, Interaksi Sosial, Simbol, Institusi Total

Abstract

Skripsi it was a result of research about interaksionisme symbolic in the practice of rehabilitation at UPT social rehabilitation ANKN. This study describes an exchange of verbal an non verbals going on in the practice rehabilitation. The purpose of this research is describe how the role oh rehab as an total institution, wich both see the symbols of what is used in social interaction in the practice of rehabilitation and the third, and see how the symbols be interpreted in social interaction in the practice of rehabilitation. These objectives will be explained and analyzed using the theory of the total institution Erving Goffman, and the symbolic interaction George Herbert Mead. This study using the method of a qualitative with symbolic interaction by George Herbert Mead. This gathering data in this study was done by using observation and interviews. After analysis with categorization the data and make a conclusion.

This research result indicates that the role of rehab as an institution of this is the recovery process of interaction are undertaken in rehab involve dimensions“I” of wich is the emotional, tough, steal,don’t worship and lied and involve dimensions “Me” wich is in a manner not emotional, caring, honest and diligent to worship. By ineractions symbolic in the practice of rehabilitation through the verbal in the form of oral language and language posts as well as a symbol of non verbal in the form of body movements. Facial expressions and bookmarks. The interpretation by the rehabilitation of a little different with a counselor of the knowledge and mindset is minimal and result of the influence of drugs.

 

Keyword: Participants Rehabilitation, Counselor, Social Interaction, Symbol, Total Institution

Published
2016-08-29
How to Cite
AMALIYA, D. (2016). Interaksionisme Simbolik dalam Praktik Rehabilitasi Narkoba di UPT Rehabilitasi Sosial ANKN Surabaya. Paradigma, 4(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/17148
Abstract Views: 109
PDF Downloads: 92