PRAKTIK KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MTs AL-AMIN RAJUN PASONGSONGAN SUMENEP

  • FAUZI

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah, keluarga , dan masyarakat. Realitas pendidikan saat ini masih saja dihinggapi oleh berbagai persoalan. Semisal kompetensi sosial yang dimiliki oleh seorang guru, dimana hal ini terkadang tidakĀ  diperhatikan, guru oleh kebanyakan orang hanya dianggap orang yang berilmu dan dapat mengaktualisasikan ilmunya sesuai bidangnya tanpa harus memperhatikan apakah guru tersebut memiliki kompetensi sosial yang baik. Dalam kenyataan sering terjadi permasalahan-permasalahan dalam proses belajar mengajar yang kebanyakan hanya terletak pada tuntasnya materi yang disajikan, sedangkan dari segi pembinaan, memberi bimbingan, perhatian serta pengawasan terhadap siswa masih kurang sehingga kegiatan proses belajar mengajar tidak bejalan sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis bentuk-bentuk praktik kompetensi sosial guru di MTs Al-Amin dan menganalisis peran ranah dan modal dalam membentuk habitus guru yang ada di MTs Al-Amin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif, dengan menjabarkan setiap informasi yang didapatkan secara observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Setelah data terkumpul, dilakukan analisis dengan mengkategorisasikan data dan simpulan. Hasil penelitian ini yaitu berupa perkumpulan yang diadakan setiap bulan dengan bentuk hatmil Qur-an yang sifatnya kontinyu, dan juga perkumpulan yang bersifat insidental (sewaktu-waktu), bentuk kegiatan ini dilakukan untuk menjaga kesolidan para dewan guru. Modal yang dimiliki oleh guru dapat mendukung dalamĀ  praktik kompetensi sosial mereka, dan menjadikan sekolah dan lingkungan masyarakat sebagai ranah yang mereka gunakan untuk melatih kompetensinya.

Kata Kunci : Kompetensi Sosial, Guru, Praktik Sosial

ABSTRACT

Education is a responsibility between government, families, and communities. The reality of education today still had many various problems. Social competence possessed by a teacher, where it is sometimes not observed, most of the people just assume a teacher is the knowledgeable and can only teach the knowledge in accordance field without having to attention whether the teacher has a good social competence. In fact, many problems in learning process that only concern on the completely of the presented material, while in terme of coaching, provide guidance, attention and supervision of student is still less, so that learning process is not as expected. This research have purpose to see and analyze from of teacher social competency practice in MTs Al-Amin and analyze the role and capital that create teachers habitus in MTs Al-Amin, this study using qualitative-descriptive method, with explain any information from get in observation, interview and field note. After collecting data, we do analyzes with categorizes the data and take the result. The of this study that every months they had hatmil Qur-an gathering and sometimes insidental, this activity, do to maintain the solidity of the teachers. The role of the capital that teachers had, supporting their social competence practice and the community as a source of anything they want.

Keywords : social competence, teacher, social practice.

Published
2017-01-09
How to Cite
FAUZI,. (2017). PRAKTIK KOMPETENSI SOSIAL GURU DI MTs AL-AMIN RAJUN PASONGSONGAN SUMENEP. Paradigma, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/18155
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 23