STRATEGI ADAPTIF PENGENDARA OJEK PANGKALAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN OJEK ONLINE DI STASIUN GUBENG LAMA SURABAYA

  • KARTIKASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini tentang strategi adaptif pengendara ojek pangkalan dalam menghadapi ojek online. Jasa transportasi ojek sudah lama ada di indonesia. Namun demikian, saat ini ojek mengalami perubahan dengan memanfaatkan teknologi internet. Oleh karena itu, para pengendara ojek pangkalan harus beradaptasi dengan adanya ojek online sehingga mereka dapat tetap bertahan ditengah persaingan dengan ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari masuknya ojek online dan strategi adaptasi para pengendara ojek pangakalan. Penelitian ini menggunakan teori mekanisme survive yang dikemukakan oleh Clark. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi Alfred Scutz. Subjek dalam penelitian ini diambil secara snowball dan pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah masuknya ojek online berdampak pada penghasilan ojek pangkalan yang menurun. Para pengendara ojek pangkalan melakukan strategi, karena menurunnya penghasilan pengendara ojek pangkalan  dengan tujuan untuk bertahan dan mengembalikan penghasilan mereka seperti sebelum adanya ojek online. Strategi adaptif pengendara ojek pangkalan meliputi menambah layanan jasa, menstabilkan tarif, meningkatkan pelayanan, dan memberi potongan harga untuk pelanggan. Selain itu, mengandalkan jaringan sosial untuk meminjam uang, menganekaragamkan usaha dengan mempekerjakan anggota keluarganya, dan membuka usaha lain. Pengendara yang telah berkeluarga menggunakan cara menghemat pengeluarannya. Selain itu, para pengendara ojek melakukan strategi adaptif secara berkelompok dengan cara membayar iuran setiap bulan yang hasilnya akan diserahkan pada pihak kepolisian.

Kata Kunci: strategi adaptif, ojek, ojek online

 

Abstract

This research is about adaptive strategy to face of the base motorcycle rider motorcycle online. Motorcycle transport services have a long existed in Indonesia. However, the current motorcycle change by using Internet technology. Therefore, the motorcycle rider must adapted to their bases motorcycle online so they can survive in competition with a motorcycle online. This study goals to determine the impact of the entry of motorcycles online and adaptation strategies motorcycle riders. This study uses the theory of survival mechanism by Clark. The method of this research is qualitative method based phenomenological approach Alfred Schudtz. The subjects in this study were taken as a snowball and data collected by observation and interviews. The results in this study is the inclusion of online motorcycle motorcycle impacted the income base is declining. The base motorcycle riders pursuing a strategy, because motorcycle riders declining income base with the aim to survive and restore their income as before the motorcycle online. The motorcycle rider base adaptive strategy includes adding services, rates stabilize, improve the services, and give rebates to customers. In addition, relying on social networks to borrow money, to diversify its business by hiring family members, and other businesses open. The  motorists who have a family to use way to save expenses. In addition, the motorcycle riders perform adaptive strategy in groups by paying dues every month the results will be handed over to police.

Keywords: adaptive strategies, motorcycles, motorcycle online

Published
2017-01-13
How to Cite
KARTIKASARI,. (2017). STRATEGI ADAPTIF PENGENDARA OJEK PANGKALAN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN OJEK ONLINE DI STASIUN GUBENG LAMA SURABAYA. Paradigma, 5(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/18328
Abstract Views: 240
PDF Downloads: 222