PERTUKARAN SOSIAL PENERIMA BEASISWA PROGRAM PENDIDIKAN SISWA ASUH SEBAYA KABUPATEN BANYUWANGI

  • MUHLISIN

Abstract

Dalam model pembiayaan pendidikan muncul berbagai program untuk menunjang tercapainya cita-cita sebuah dasar negara yakni yang berdasarakan pada pendidikan untuk semua orang. Hal inilah yang akan melahirkan berbagai model bagi negara untuk memberikan sistem pendidikan bagi setiap warga negaranya. Perilaku-perilaku ini juga memberikan dampak pada biaya pendidikan yang didapatkan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan teori pertukaran sosial dari George Caspar Homans. Homans memberikan gambaran jika perilaku sosial masyarakat dapat dilihat dari perilaku individu-individu. Perilaku individu-individu ini nantinya akan memberikan bentuk-bentuk pertukaran sosial yang akan memunculkan reward yang diberikan kepada seorang individu. Adapun pendekatan dari penelitian ini menggunakan pendekatan pertukaran sosial dari George C. Homans. Interpretasi mengenai makna dan pengelompokan proposisi dari perilaku-perilaku sosial seseorang tentang tindakan-tindakan yang dilakukan olehnya. Data dikumpulkan melalui wawancara, obserbasi serta mengumpulkan dokumen-dokumen yang mendukung penelitian. Kajian penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk pertukaran sosial dalam program pendidikan siswa asuh sebaya. Bentuk-bentuk pertukaran sosial dalam program pendidikan beasiswa siswa asuh sebaya terdapat bentuk dari pertukaran sosial terutama dalam hal perilaku-perilaku yang muncul dari individu untuk mendapatkan beasiswa siswa asuh sebaya. Bentuk-bentuk perilaku sosial ini terdapat pada proposisi-proposisi yang diberikan oleh individu melalui perilaku sosial yang ada. Dengan begitu perilaku-perilaku sosial ini akan memberikan dampak pada beasiswa yang didapatkan oleh individu tersebut. 

 Kata Kunci : Pertukaran Sosial, Perilaku, Beasiswa, Proposisi

Published
2018-01-31
How to Cite
MUHLISIN,. (2018). PERTUKARAN SOSIAL PENERIMA BEASISWA PROGRAM PENDIDIKAN SISWA ASUH SEBAYA KABUPATEN BANYUWANGI. Paradigma, 6(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/22758
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 146