POLA SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER

  • YULI SURYA DEWI

Abstract

Abstrak

Orang tua mempunyai peran dan tanggung jawab utama sebagai pengasuh sekaligus pendidik bagi anak. Namun, realitas sosial yang banyak terjadi saat ini adalah banyak orang tua yang melimpahkannya kepada pihak lain dengan berbagai alasan, salah satunya adalah alasan pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sosialisasi nilai pendidikan karakter yang dilakukan oleh pengasuh terhadap anak yang kedua orang tuanya bekerja di luar kota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan teori strukturalis genetis Pierre Bourdieu. Penelitian ini dilakukan di Desa Jombok, Kec. Sumberrejo, Kab. Bojonegoro. Subyek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data dimulai dengan menelaah data, kemudian dilakukan reduksi data dan terakhir adalah penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola sosialisasi yang diterapkan di dominasi oleh metode pembiasaan dan pemberian hukuman terhadap anak. Jenis modal yang dimiliki dan dimanfaatkan pengasuh dalam proses sosialisasi adalah modal budaya dan modal sosial. Arena sebagai tempat sosialisasi adalah lingkungan keluarga. Praktik sosialisasi dilakukan dengan membiasakan anak untuk melakukan tindakan positif dan memberikan hukuman ketika anak melakukan kesalahan.

Kata Kunci: Sosialisasi, Pendidikan Karakter, dan Anak.

 

Abstract  

Parents have a role and responsibility as the primary caregiver for the children as well as educators. However, social reality is a lot happening right now is a lot of parents who delegate it to others for various reasons, one of which is the reason for the job. This study aims to determine the value of character education socialization patterns made ​​by caregivers of children whose both parents work outside the city. This study used qualitative methods to approach the genetic structuralism Pierre Bourdieu's theory. The research was conducted in the village of Jombok, district. Sumberrejo, Kab. Bojonegoro. The subjects were selected using purposive sampling technique. Data collection by observation and in-depth interviews. Techniques of data analysis begins by examining the data, then performed the data reduction and the last is the presentation of data. The results showed that the patterns of socialization dominance by the method applied in the conditioning and punishment against children. Types of capital owned and used the caregiver in the process of socialization is the cultural capital and social capital. Arena as a place of socialization is the family environment. Socialization practices done to get children to take positive action and impose penalties when children make mistakes.

Keywords: Socialization, Character Education, and Children

Published
2013-07-31
How to Cite
SURYA DEWI, Y. (2013). POLA SOSIALISASI PENDIDIKAN KARAKTER. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/3461
Abstract Views: 123
PDF Downloads: 114