PENDISIPLINAN TUBUH TERHADAP ANAK TUNA DAKSA (Studi Fenomenologi Tubuh Di YPAC Surabaya)

  • DESMITA ARIYANI

Abstract

Abstrak

Tubuh anak tuna daksa memiliki kelainan fungsi anggota gerak dalam beraktivitas. Mereka juga memiliki beban sosial, beban ekonomi, dan beban psikologis dalam kesehariannya. Akhirnya anak tuna daksa dimasukkan pada tempat rehabilitasi untuk meminimalisir kecacatannya. Oleh karena itu, pentingnya mengetahui bagaimana praktek pendisiplinan tubuh dalam pedagogik YPAC, sehingga dapat mengetahui mengenai kesadaran pendisiplinan dalam pergerakkan tubuh tuna daksa . Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi tubuh Merleau Ponty. Mengambil lokasi di YPAC Surabaya. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik purposive berdasarkan pada pendisiplinan tubuh. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara tak terstruktur yang bertema, untuk mengetahui terlebih dahulu kondisi-kondisi informan di lapangan. Menggunakan teknik analisis data yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponensial untuk menguraikan motif praktek pendisiplinan tubuh dalam pedagogik YPAC. Hasil penelitian menyebutkan bahwa, anak tuna daksa menjadi target utama dalam penaklukkan tubuh, agar dapat mandiri dan memiliki produktifitas tinggi. Proses pendisiplinannya mulai dari pengontrolan ketat, hingga hukuman yang diterapkan oleh seorang guru terhadap anak didik tuna daksa, sebagai strategi penguasaan efektif. Hal ini berdampak pada resistensi yang dilakukan anak tuna daksa.

Kata Kunci: Pendisiplinan Tubuh dan Anak Tuna Daksa

 

Abstract

Body physically of disabled children have abnormalities in the function of movement on daily activities. They have the burden of social, burden of economic, and burden of psychological in daily life. Physically disabled child finally put in place to minimize disability rehabilitation. Therefore, the importance of knowing how to docile body in pedagogic practice YPAC, so as to find out about consciousness body movement docile in the physically disabled. This study is a qualitative descriptive approach Merleau Ponty's phenomenology of the body. YPAC taking location in Surabaya. Subjects selected using purposive technique based on the docile body. Data collection by observation and of unstructured interviews entitled to know beforehand the conditions of informants in the field. Using a data analysis technique which includes domain analysis, taxonomic analysis, and analysis to decipher motives componental docile body in pedagogic practice YPAC. The study says that in practice of the docile body physically disabled children are the main target is the conquest of the body in order to become useful and productive abnormality high. The procces of it, is ranging from tight control to the penalty imposed by a teacher to physically disabled students as an effective control strategy. So that physically disabled child have a strategy and a way of resistance in order to realize the goal of an action perceived as rational choice.

Key Words: Docile Body and Physically disabled.

Published
2013-08-01
How to Cite
ARIYANI, D. (2013). PENDISIPLINAN TUBUH TERHADAP ANAK TUNA DAKSA (Studi Fenomenologi Tubuh Di YPAC Surabaya). Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/3497
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 59