RELASI KUASA GURU DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Faiz Muhammad Ilham universitas negeri surabaya

Abstract

Guru memiliki kuasa penuh dalam penerapan metode mengajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Michel Foucault menjelaskan bahwa kekuasaan bersifat menyebar dan dimiliki oleh siapa saja. Kekuasaan juga dimiliki oleh seorang guru yang mengajar di sekolah tidak terkecuali guru agama Islam. Setiap individu memiliki cara dan bentuk yang berbeda dalam menerapkan kekuasaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana  cara dan bentuk kekuasaan yang diterapkan oleh guru agama Islam di sekolah umum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan genealogi kekuasaan Foucault. Lokasi penelitian ini dilakukan di kota Depok. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep kekuasaan saling berkaitan dengan wacana, pengetahuan, dan kebenaran. Cara guru agama Islam menerapkan kekuasaanya melalui mekanisme pendisiplinan yang melibatkan  pengawasan dan hukuman. Guru berperan sebagai pengawas dan individu yang relevan. Bentuk kekuasaan yang diterapkan guru agama Islam di sekolah dapat berupa kegiatan rutin keagamaan, tugas sekolah dan peraturan.

Published
2021-01-08
How to Cite
Ilham, F. (2021). RELASI KUASA GURU DALAM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Paradigma, 9(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37319
Section
Articles
Abstract Views: 996
PDF Downloads: 746