RASIONALITAS PIMPINAN SEKOLAH DALAM MEMILIH KURIKULUM MUATAN LOKAL

  • Adys R.K. Putri Prodi Sosiologi FISH-Unesa

Abstract

Muatan lokal merupakan mata pelajaran lokal yang terdapat disetiap daerah. Mata pelajaran muatan lokal memiliki tujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta wawasan yang luas tentang keadaan lingkungan serta kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan nilai didaerahnya serta dapat mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional.Keberadaan muatan lokal merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan disetiap daerah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rasionalitas pimpinan sekolah dalam memilih muatanlokal di Madrasah Aliyah Negeri, SMAN 1 Bangkalan,SMAN 4 Bangkalan dan MA Manbaul Hikam Burneh. Dapat mengungkap proses penentuan pemilihan muatan lokal di Madrasah Aliyah Negeri, SMAN 1 Bangkalan, SMAN 4 Bangkalandan MA Manbaul Hikam Burneh. Dalam konteks penelitian ini sangat menarik untuk digali karena mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah hanya ada sejak sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP), bahwasannya mempelajari lebih dalam pelajaran bahasa daerah, bahasa Madura khususnya sangatlah penting mengingat masih ada siswa-siswi maUpun orang tua yang tidak mendalami bahasa daerah mereka sendiri yaitu bahasa Madura dimana bahasa Madura merupakan bahasa daerah masyarakat Madura yang sudah seharusnya kita pahami sejak dini hingga seterusnya. Sehingga alangkah lebih baiknya jika mata pelajaran muatan lokal bahasa Madura ini terus berlanjut hingga Sekolah Menengah Atas agar semua siswa siswi lebih memahami lagi tentang bahasa daerah, dimana bahasa daerah ini haruslah kita kembangkan untuk seterusnya serta dapat kita turunkan kegenerasi-generasi selanjutnya. Hasil dari penelitian ini keempat sekolah memilih kurikulum muatan lokal bahasa asing dikarenakan sudah merupakan tradisi dari awal pimpinan hingga saat ini pemilihan kurikulum muatan lokal bahasa asing masih terus berlanjut.

Local content is a local subject found in each region. Local content learning aims to provide extensive knowledge, skills and insights about the state of the environment and the needs of the community in accordance with the value of the area and can support the continuity of regional development and national development. local is one form of education in each region. The purpose of this study is to find out the rationality of school leaders in choosing local content at State Madrasah Aliyah, SMAN 1 Bangkalan, SMAN 4 Bangkalan and MA Manbaul Hikam Burneh. State Madrasah Aliyah, SMAN 1 Bangkalan, SMAN 4 Bangkalan and MA Manbaul Hikam Burneh. In the context of this study it is very interesting to explore because local language content in local languages only existed from elementary school to elementary school (junior high school), whereas learning more in regional language lessons, Madurese language in particular is very important considering there are still students or parents who do not explore the language of their own language, namely the language of Madura where Madurese language is the regional language of the Madurese community that we should have understood early onwards. So that it would be better if the local content subjects of Madura continued to high school so that all students would understand more about regional languages, where we must develop this regional language so that we can pass it on to the next generation. The results of this study all four schools chose the curriculum for local language of foreign languages because it was a tradition from the beginning of the leadership until now the selection of curriculum for local content of foreign languages continues.

Published
2020-12-24
How to Cite
Putri, A. (2020). RASIONALITAS PIMPINAN SEKOLAH DALAM MEMILIH KURIKULUM MUATAN LOKAL. Paradigma, 9(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/37337
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 44