Reproduksi Nilai-nilai agama di SD Negeri Ploso
Abstract
Pendidikan merupakan hal yang mendasar bagi generasi penerus. Pendidikan menjadi
sarana reproduksi nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi siswa
SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan habitus siswa SD Negeri Ploso Jombang;
memaparkan modal yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Ploso Jombang dalam pertarungan
suatu ranah; menjelaskan ranah reproduksi nilai-nilai agama antara tenaga kependidikan dan
siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan praktik dominasi serta praktik perlawanan
siswa SD Negeri Ploso Jombang; mengungkap reproduksi nilai-nilai agama Kristen di SD
Negeri Ploso Jombang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan strukturalisme
generatif perspektif Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SD Negeri
Ploso berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah. Guru menempati kelas dominan
sedangkan siswa menempati kelas populer. Siswa tidak mampu memberikan perlawanan
berarti kepada guru karena jumlah modal yang kecil. Pada ranah pertarungan anatara guru
dan siswa SD Negeri Ploso terjadi reproduksi nilai kesempurnaan moral yang selanjutnya
dianggap sebagai hal alami dalam diri siswa sebagai produk habitus.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

