Reproduksi Nilai-nilai agama di SD Negeri Ploso

Main Article Content

Magda Ilona Dwi Putri

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang mendasar bagi generasi penerus. Pendidikan menjadi


sarana reproduksi nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi siswa


SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan habitus siswa SD Negeri Ploso Jombang;


memaparkan modal yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Ploso Jombang dalam pertarungan


suatu ranah; menjelaskan ranah reproduksi nilai-nilai agama antara tenaga kependidikan dan


siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan praktik dominasi serta praktik perlawanan


siswa SD Negeri Ploso Jombang; mengungkap reproduksi nilai-nilai agama Kristen di SD


Negeri Ploso Jombang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan strukturalisme


generatif perspektif Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SD Negeri


Ploso berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah. Guru menempati kelas dominan


sedangkan siswa menempati kelas populer. Siswa tidak mampu memberikan perlawanan


berarti kepada guru karena jumlah modal yang kecil. Pada ranah pertarungan anatara guru


dan siswa SD Negeri Ploso terjadi reproduksi nilai kesempurnaan moral yang selanjutnya


dianggap sebagai hal alami dalam diri siswa sebagai produk habitus.

Article Details

How to Cite
Putri, M. (2021). Reproduksi Nilai-nilai agama di SD Negeri Ploso. Paradigma, 10(1), 11-15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/39006
Section
Articles