Reproduksi Nilai-nilai agama di SD Negeri Ploso

  • Magda Ilona Dwi Putri Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang mendasar bagi generasi penerus. Pendidikan menjadi

sarana reproduksi nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi siswa

SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan habitus siswa SD Negeri Ploso Jombang;

memaparkan modal yang dimiliki oleh siswa SD Negeri Ploso Jombang dalam pertarungan

suatu ranah; menjelaskan ranah reproduksi nilai-nilai agama antara tenaga kependidikan dan

siswa SD Negeri Ploso Jombang; memaparkan praktik dominasi serta praktik perlawanan

siswa SD Negeri Ploso Jombang; mengungkap reproduksi nilai-nilai agama Kristen di SD

Negeri Ploso Jombang. Metode yang digunakan kualitatif dengan pendekatan strukturalisme

generatif perspektif Pierre Bourdieu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SD Negeri

Ploso berada pada kelas ekonomi menengah ke bawah. Guru menempati kelas dominan

sedangkan siswa menempati kelas populer. Siswa tidak mampu memberikan perlawanan

berarti kepada guru karena jumlah modal yang kecil. Pada ranah pertarungan anatara guru

dan siswa SD Negeri Ploso terjadi reproduksi nilai kesempurnaan moral yang selanjutnya

dianggap sebagai hal alami dalam diri siswa sebagai produk habitus.

Published
2021-04-14
Section
Articles