PERILAKU PEMILIH PEMULA DALAM MERESPON WACANA RISMA EFFECT PADA PILKADA SURABAYA 2020

  • Achmad Mahargya Ridhaning Gusti Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya wacana Risma effect yang merupakan perpaduan antara prestasi pembangunan dan citra Tri Rismaharini pada kontestasi politik pemilihan walikota Surabaya tahun 2020. Maraknya informasi tersebut disumbang pula oleh pemberitaan media massa terutama sosial media yang menjadi akses mayoritas pemilih pemula. Dalam penelitian ini mengambil fokus penelitian pada perilaku pemilih pemula dalam merespon wacana Risma effect yakni sikap dalam menjatuhkan pilihan politik berorientasi meneruskan kinerja Risma atau tidak. Dalam penelitian ini menggunakan analisis teori pilihan rasional James S. Coleman mengenai aktor dan sumber daya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif statistik deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pemilih remaja berumur 17-21 tahun, dan memiliki status kependudukan kota Surabaya dengan jenis sampling probability sampling, teknik pengambilan sampel berupa sampling area dan simple random sampling. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Serta analisa menggunakan software SPSS menggunakan prosentase dan tabulasi silang. Hasil penelitian menunjukkan perilaku pemilih pemula dalam memilih paslon didominasi dengan faktor Visi misi & program, Kinerja & pengalaman calon yang tergolong sebagai pemilih rasional sebanyak 53% responden. Adapun golongan perilaku pemilih kritis sebanyak 23% responden, perilaku pemilih tradisional sebanyak 3% responden, dan pemilih skeptis sebanyak 8% responden. Dari hasil proses penelitian menghasilkan suatu kesimpulan bahwa wacana citra dan pembangunan Risma tersebar pada berbagai sikap dan pilihan politik pemilih pemula. Adapun faktor memilih disebabkan oleh sumber daya yang menjadi pengaruh kuat didasarkan pada sumber daya material (Pembangunan), dan sumber daya non material  (nilai, ideologi, afeksi, relasi).

Kata kunci : Tri Rismaharini, perilaku, rasional, citra politik, pemilu.

Published
2021-05-25
How to Cite
Ridhaning Gusti, A. (2021). PERILAKU PEMILIH PEMULA DALAM MERESPON WACANA RISMA EFFECT PADA PILKADA SURABAYA 2020. Paradigma, 10(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/39719
Section
Articles
Abstract Views: 370
PDF Downloads: 341