KONSTRUKSI SOSIAL PENGUNJUNG WISATA LUMPUR PANAS LAPINDO

  • DONY RESTANTO

Abstract

ABSTRAK

Wisata lumpur panas Lapindo di Kecamatan Porong saat ini telah menjadi sebuah fenomena sosial yang unik di tengah-tengah masyarakat, dan keunikan itu telah mengundang banyak orang untuk berkunjung kesana. Pengunjung yang datang ke wisata ini memiliki konstruksi sosial berbeda. Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan konstruksi sosial pengunjung yang datang ke wisata lumpur panas Lapindo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dari Berger, Hasilnya adalah muncul konstruksi sosial yang berbeda antara pengunjung dari Sidoarjo dan pengunjung dari luar Sidoarjo. Perbedaan ini muncul karena ikatan emosional pada tanah leluhur dari pengunjung asal Sidoarjo yang lebih kuat, sekaligus digunakan sebagai tempat mereka untuk mencari nafkah, sedangkan pengunjung dari luar Sidoarjo hanya menganggapnya sebagai tempat wisata yang unik.

Kata Kunci: Wisata lumpur Lapindo, Pengunjung, Konstruksi sosial

ABSTRACT

Tour of hot Lapindo mud in Porong Sub distric currently has become a social phenomenon unique in the midst of society, and the uniqueness it has invited many people to visit there. Visitors who come to tour has a different social construction. This study attempts to describe the social construction of visitors who come to tour hot Lapindo mud. This research uses qualitative approach method of Phenomenology of Berger, the result is a social construction that appears different between visitors from Sidoarjo and visitors from outside Sidoarjo. This difference arises because of the emotional attachment on the ancestral lands of the original visitors a stronger Sidoarjo, at once used as their place to earn a living, while visitors from outside of the Sidoarjo just regard it as a unique tourist attractions.

Key Words: Lapindo mud tours, Visitors, Social construction.

Published
2013-08-28
How to Cite
RESTANTO, D. (2013). KONSTRUKSI SOSIAL PENGUNJUNG WISATA LUMPUR PANAS LAPINDO. Paradigma, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paradigma/article/view/4103
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 37